Stadion Kedua untuk Perempat Final Piala Menpora Baru Dipastikan 7 April

Ilustrasi. Logo PT Liga Indonesia Baru - Foto Ant

JAKARTA Keberadaan stadion kedua, untuk menggelar laga perempat final Piala Menpora 2021, selain Stadion Kanjuruhan, Malang, akan ditentukan pada Rabu (7/4/2021) malam. Penetapan dilakukan setelah laga pamungkas penyisihan Grup C tuntas digelar.

“Kami akan memutuskan malam itu juga setelah pertandingan terakhir,” ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, Senin (5/4/2021).

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia Pelaksana Piala Menpora 2021 itu menyebut, ada dua stadion yang menjadi kandidat untuk dua pertandingan delapan besar yang menjadi perwakilan Grup C dan Grup D, Stadion Maguwoharjo di Sleman, dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung.

Ada beberapa pertimbangan yang diambil dalam menentukan stadion tersebut seperti, faktor keamanan dan keadilan. Faktor keamanan, misalnya, keluar sebagai penentu andai juara Persebaya menduduki peringkat kedua Grup C, yang berarti skuad Bajul Ijo akan melawan juara Grup D yaitu Persib.

Jika skenario itu terwujud, maka laga tersebut kemungkinan besar berlangsung di Sleman. Sementara aspek keadilan akan dibicarakan, kalau ternyata PS Sleman keluar sebagai peringkat kedua Grup C dan akan melawan Persib pada Senin (12/4/2021). “(Jika Persib versus Persebaya) kemungkinan di Sleman. Namun jadi pertimbangan pula kalau Persib bertemu PSS. Keduanya, kan, calon tuan rumah. Ini yang akan kami rapatkan dengan berbagai pihak. Kami-pun akan menimbang semua kemungkinan. Andai Persebaya menghadapi Bali United, sebetulnya bisa di Bandung,” tutur Akhmad Hadian.

Turnamen pramusim Piala Menpora 2021, sudah memasuki babak delapan besar. Akan tetapi, baru tujuh tim yang dipastikan lolos ke fase tersebut, karena Grup C belum menyelesaikan semua pertandingannya.

Di Grup C, hanya Persebaya yang sudah memastikan tempat di perempat final, lantaran telah meraup tujuh poin. Namun, peringkat satu-dua grup ini baru dapat dipastikan pada Rabu (7/4/2021), saat Persela bersua Persik dan PSS menjajal kekuatan Persebaya.

Hasil seri, sudah membuat Persebaya keluar sebagai juara Grup C dan dipastikan menghadapi runner up Grup D, Bali United, Minggu (11/4/2021) di laga delapan besar. Namun jika kalah, posisi Persebaya sebagai pemimpin grup terancam oleh PSS. Posisi satu-dua Grup C akan ditentukan oleh selisih gol.

Sementara dua pertandingan perempat final lain yang mempertemukan empat tim terbaik Grup A dan Grup B, yaitu PSIS kontra PSM Makassar serta Persija versus Barito Putera, dipastikan berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang. Masing-masing akan digelar pada Jumat (9/4/2021) dan Sabtu (10/4/2021). (Ant)

Lihat juga...