Lebaran CDN

Stok Beras Bulog Meulaboh Cukup hingga Enam Bulan

MEULABOH  – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Meulaboh, Aceh, memastikan stok beras saat Ramadan 1442 Hijriah hingga enam bulan ke depan masih stabil dan mencukupi.

“Saat ini, kita memiliki stok beras cadangan pemerintah di gudang mencapai 2.500 ton jenis beras medium,” kata Kepala Perum Bulog Cabang Meulaboh Hafizhsyah di Meulaboh, Aceh, Senin.

Menurutnya, dengan adanya stok sebesar itu diharapkan mampu mencukupi semua kebutuhan masyarakat di empat kabupaten pantai barat Provinsi Aceh yakni Aceh Barat, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Simeulue yang merupakan wilayah pulau terluar.

Hafizhsyah juga menjelaskan cadangan beras sebanyak 2.500 tersebut nantinya juga akan digunakan untuk melakukan stabilisasi harga beras di masyarakat, dengan harga jual beras medium di gudang Bulog Meulaboh sebesar Rp8.600 per kilogram.

Ia memastikan dengan dilakukan stabilisasi harga, maka dipastikan harga beras di Aceh termasuk di wilayah pantai barat Aceh tidak akan mengalami kenaikan, karena saat ini baru saja dilakukan panen padi secara serentak.

Berdasarkan pantauan, saat ini harga beras medium yang dijual pedagang di Aceh Barat dan sekitarnya mencapai Rp9.000-an per kilogram.

Harga tersebut, kata Hafizhsyah, masih di bawah harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah sebesar Rp9.950 per kilogram untuk jenis beras medium.

“Jadi, alhamdulillah sampai saat ini harga jual beras khususnya beras medium masih berada di bawah HET pemerintah. Masih sangat stabil dan tidak ada terjadi kenaikan harga,” kata Hafizhsyah. (Ant)

Lihat juga...