Lebaran CDN

Sulut Ekspor Ribuan Ton Bungkil Kelapa ke India

Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut, Darwin Muksin - foto Ant

MANADO – Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengekspor ribuan ton bungkil kelapa ke India di awal April 2021. Ekspor tersebut menghasilkan devisa mencapai 1,92 juta dolar AS.

“Bungkil kelapa yang diekspor ke India 9.110 ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 1,92 juta dolar AS,” kata Kabid Perdagangan Luar Negeri Disperindag Sulut, Darwin Muksin, Rabu (14/4/2021).

Dia mengatakan, India rutin membeli bungkil kopra asal Sulut. Sehingga passr tersebut harus dijaga dengan baik. “Saya harap pengekspor menjaga pasar ini dengan baik,” kata Darwin.

Kendati adanya pandemi virus Corona atau COVID-19 yang melanda seluruh dunia termasuk India, hal itu tidak menurunkan permintaan bungkil kopra dari Sulut. India semakin berminat pada bungkil kopra asal Sulut, yang terlihat dari peningkatan permintaan komoditas tersebut oleh para pembeli dari negara itu.

Kebutuhan pasar India akan bungkil kopra yang cukup banyak tersebut, telah mendorong para pengekspor di provinsi tersebut untuk mengirim komoditas unggulan tersebut. India sudah dikenal sebagai pasar potensial bagi bungkil kopra Sulut. Bungkil kopra yang diekspor ke negara tersebut, telah melalui proses pengolahan di pabrik. (Ant)

Lihat juga...