Sungai Kahayan Meluap, Rumah Warga Palangka Raya Terendam

Banjir karena luapan Sungai Kahayan di Palangka Raya, Sabtu (3/4/2021) - Foto Ant

PALANGKA RAYA – Sungai Kahayan meluap, airnya merendam permukiman di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), terutama rumah warga yang tidak jauh dari bantaran sungai.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya, Heri Fauzi, membenarkan adanya rumah warga yang terendam banjir. Tercatat, luapan air sungai terjadi di beberapa titik. “Air Sungai Kahayan yang meluap sudah merendam belasan rumah warga, dan debit airnya dalam beberapa hari ini terus naik,” kata Heri Fauzi, Sabtu (3/4/2021).

Pria yang pernah menjabat sebagai Lurah Bukit Tunggal, Kecamatan Jekan Raya itu menuturkan, timnya saat ini melakukan pemantauan di sejumlah lokasi yang selama ini menjadi langganan banjir tersebut.

Lokasi yang menjadi langganan banjir diantaranya, kawasan Kelurahan Marang, Kameloh Baru, Petuk Ketimpun, Kelurahan Palangka. Permukiman tersebut tidak jauh dari bantaran sungai, karena warga memiliki sumber mata pencaharian di sekitar sungai tersebut. “Sebenarnya mereka tidak terkejut dengan luapan air sungai yang hampir setiap tahun merendam rumah mereka, namun mereka tetap waspada,” ungkapnya.

Heri menyebut, dalam pemantauan petugas juga mengimbau warga untuk mewaspadai berbagai hal yang bisa saja terjadi. Misalnya potensi sengatan listrik karena tali kabel listrik yang putus, namun terendam air banjir. Sehingga warga diminta menonaktifkan sementara listrik di rumahnya.

Selanjutnya bagi warga yang memiliki anak balita, jangan sampai lengah dalam upaya menjaga. “Takutnya jatuh hingga mengakibatkan balita tersebut tenggelam. Kemudian sejumlah bahaya yang mengancam juga wajib diantisipasi dengan baik,” tandasnya.

Sementara dari pemantauan yang dilkakukan, tidak menutup kemungkinan luapan air di Palangka Raya akan meluas, karena debitnya terus naik. (Ant)

Lihat juga...