Tak Ada Obat dan Tenaga Medis di Posko Pengungsian Desa Duwanur Adonara 

Editor: Koko Triarko

LARANTUKA – Obat-obatan, apalagi tenaga kesehatan yang melayani masyarakat korban banjir bandang  di beberapa desa di Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, Nusa Tenggara Timur, tidak tersedia.

“Kami membuka posko bencana banjir bandang secara swadaya, dan belum mendapatkan bantuan pemerintah,” ucap Ibnu Hamzah, warga Desa Duwanur, Kecamatan Adonara Barat, saat ditemui di Desa Duwanur, Jumat (9/4/2021).

Ibnu menyebutkan, warga yang terkena dampak  banjir bandang dan mengalami luka-luka membutuhkan bantuan obat-obatan dan pemeriksaan kesehatan.

Warga Desa Duwanur, Kecamatan Adonara Barat, Kabupaten Flores Timur, NTT, saat ditemui di Posko Crowerian, Jumat (9/4/2021). -Foto: Ebed de Rosary

Ia menyesalkan minimnya perhatian pemerintah Kabupaten Flores Timur terhadap korban banjir bandang di desanya, yang paling terdampak serta desa lainnya di Kecamatan Adonara Barat.

“Kita berharap, agar ada pemeriksaan kesehatan terhadap warga yang terdampak, karena hampir seminggu warga terendam banjir dan hujan. Ada yang mengalami luka-luka juga, tapi tidak parah,” ujarnya.

Ibnu mengaku, warga membuka posko pengungsi di Crowerian, Desa Duwanur, agar bisa mencari dan mengumpulkan.

Sementara itu, Rin, salah seorang tenaga kesehatan yang sedang melaksanakan pemeriksaan kesehatan terhadap warga terdampak banjir bandang di Desa Nele Lamawangi, Kecamatan Ile Boleng, mengaku stok obat-obatan mencukupi.

Dirinya mengaku rutin melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap warga terdampak di Posko Bencana di Desa Nele Lamawangi dan Nele Lamadike, bersama beberapa staf kesehatan dari Puskesmas Ile Boleng dan relawan.

“Banyak tenaga medis dari relawan yang juga melayani pemeriksaan kesehatan terhadap warga terdampak bencana. Di posko juga ada tenaga medis yang selalu berjaga 24 jam,” ujarnya.

Rin menambahkan, stok obat-obatan di posko juga masih mencukupi, karena ada juga bantuan obat-obatan dari berbagai pihak dan ada yang membawa langsung. “Di Waiwerang Kecamatan Adonara Timur juga ada tenaga kesehatan yang tersebar di beberapa posko,” ungkapnya.

Lihat juga...