Tak Semua Sekolah di Banyumas Uji Coba PTM Minggu Depan

Editor: Koko Triarko

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Banyumas, Irawati di kantornya, Kamis (1/4/2021). -Foto: Hermiana E. Effendi

PURWOKERTO – Meskipun Pemprov Jawa Tengah sudah memperbolehkan pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) mulai 5 April mendatang, namun hingga hari ini di Kabupaten Banyumas baru satu sekolah yang dipastikan siap melaksanakan PTM pada tanggal tersebut. Sementara untuk sekolah lainnya, finalisasi pengajuan PTM akan dirapatkan kembali minggu depan.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Banyumas, Irawati, mengatakan sampai hari ini hanya SMP Negeri 9 Purwokerto yang terpilih ikut PTM uji coba dari Pemprov Jateng. Untuk Sekolah Dasar (SD) serta SMP lainnya, akan dibahas labih lanjut dalam rakor.

“Satu sekolah kita, yaitu SMP Negeri 9 terpilih ikut uji coba PTM Pemprov Jateng, namun akan dimulai tanggal 5 April atau bukan, masih akan dibahas lagi dalam rapat koordinasi besok pagi,” terangnya, Kamis (1/4/2021).

Lebih lanjut Irawati menjelaskan, dalam rapat besok ada lima sekolah yang juga diundang untuk ikut rakor kesiapan pelaksanaan uji coba PTM, yaitu kepala SMA Negeri 2 Purwokerto, SMK Negeri 1 Banyumas, MAN 1 Banyumas, MTs Negeri 1 Banyumas dan MIN 1 Banyumas.

“Belum tahu secara pasti apakah sekolah-sekolah yang diundang rakor tersebut nantinya akan menggelar PTM pertama atau bukan, yang pasti rakor juga mengikursertakan kepala satuan pendidikan yang telah ditunjuk sebagai lokasi uji coba PTM,” kata Irawati.

Jika mengacu pada pernyataan Pemprov Jateng yang akan menggelar uji coba PTM serentak di 35 kabupaten/kota di Jateng, untuk Kabupaten Banyumas yang masuk dalam daftar PTM tanggal 5 April 2021 ada empat sekolah. Yaitu, MAN 2 Purwokerto, SMK Negeri 1 Banyumas, MAN 1 Banyumas dan SMP Negeri 9 Purwokerto.

Sementara itu, Bupati Banyumas, Achmad Husein, mengatakan, sebagai persiapan pelaksanaan PTM,  beberapa guru diikutsertakan dalam vaksinasi massal di GOR Satria Purwokerto. Sebab, sekolah yang akan melaksanakan PTM, syaratnya  semua guru sudah divaksin.

Sebelumnya, Disdik Banyumas merinci ada 10 sekolah yang sudah dilakukan verifikasi penerapan protokol kesehatan, sebagai persiapan melakukan uji coba PTM dalam waktu dekat. Untuk jenjang SD yang akan diuji coba, yakni SDN 1 Sokanegara, SDN 1 Kedunggede, SDN Pambangan. Untuk jenjang SMP yakni SMPN 9 Purwokerto, SMPN 1 Wangon, SMPN 1 Sumpiuh, SMPN 6 Purwokerto. Sementara untuk pendidikan kesetaraan, yakni SKB Purwokerto, SKB Kalibagor, dan SKB Ajibarang.

“Guru-guru yang sekolahnya akan melaksanakan PTM, harus divaksin terlebih dahulu,” kata Bupati.

Lihat juga...