Lebaran CDN

Taman Bunga Dieng Garden Mulai Dibuka pada Libur Lebaran

Editor: Makmun Hidayat

BANJARNEGARA — Taman Bunga Dieng Garden yang ada di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Dieng Kulon, Banjarnegara Jawa Tengah, rencananya akan mulai dibuka pada masa libur lebaran Mei 2021 ini.

Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, selalu pengelola unit usaha Taman Bunga Dieng Garden, saat ini mengaku tengah melakukan sejumlah persiapan guna menyambut para pengunjung.

“Insyaallah rencananya akan mulai dibuka pada masa libur lebaran nanti. Karena diperkirakan kawasan Dieng akan ramai oleh wisatawan lokal,” ungkap Manajer Umum Koperasi Jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri, Elina belum lama ini.

Elina menyebut sejumlah persiapan yang dilakukan pihak pengelola antara lain adalah menambah sejumlah tanaman baru. Selain memiliki koleksi tanaman bunga khas dataran tinggi Dieng, Taman Bunga Dieng Garden juga akan ditanami berbagai jenis tanaman buah seperti stroberi.

“Saat ini kita tengah menanam stroberi. Selain iklimnya cocok, buah yang dihasilkan nantinya juga bisa dinikmati langsung oleh pengunjung. Sehingga bisa menjadi daya tarik tersendiri,” katanya.

Mulai dibangun awal tahun 2020 lalu dan selesai Januari 2021 kemarin, Taman Bunga Dieng Garden dibangun Yayasan Damandiri sebagai bagian program Desa Cerdas Mandiri Lestari di Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah.

Keberadaan Dieng Garden ini diharapkan mampu menjadi salah satu alternatif objek wisata baru di kawasan wisata dataran tinggi Dieng khususnya di DCML Dieng Kulon.

Tak seperti objek wisata lain yang telah ada sebelumnya, Taman Bunga Dieng Garden, memang menawarkan konsep yang berbeda. Yakni sebagai tempat wisata edukasi keluarga berbasis agrowisata.

Di bangun di lahan seluas 2700 meter persegi bersama dengan unit usaha Warung Cafe Damandiri, Taman Bunga Dieng Garden ini diperkirakan bisa menampung hingga sekitar 50 orang pengunjung dalam sekali waktu. Jumlah tersebut dihitung berdasarkan ketentuan pemerintah yakni penerapan protokol kesehatan selama masa pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, sejak 2018 lalu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Dieng Kulon sebagai desa binaan program Desa Cerdas Mandiri Lestari. Lewat program ini Yayasan Damandiri berupa mengatasi persoalan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dieng Kulon melalui berbagai program pemberdayaan.

Selain mendirikan koperasi jasa KUD Pelita Sejahtera Mandiri sebagai motor penggerak ekonomi, Yayasan Damandiri juga memberikan akses pinjaman modal usaha bagi warga miskin melalui program Modal Kita. Sementara di sektor pariwisata, Yayasan Damandiri mendirikan dua unit usaha sekaligus yakni objek wisata Taman Bunga Dieng Garden serta Warung Cafe Damandiri.

Lihat juga...