Lebaran CDN

Taman Indah Gading Mas Pringsewu Tetap Mempesona Jelang Panen Padi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

LAMPUNG — Pesona Taman Indah Gading Mas berpadu dengan hamparan padi menguning tetap jadi magnet bagi pengunjung. Wahana wisata buatan yang berada di area persawahan itu tepat berada di tepi Jalan Lintas Barat, Kabupaten Pringsewu.

Valeria, salah satu pengunjung menyebut keindahan Taman Indah Gading Mas kerap dikunjungi sejak masa tanam padi. Sebelumnya hamparan padi menghijau, sejumlah bunga refugia jenis bunga matahari, kertas dan bunga warna warni menghiasi. Selain itu lokasi yang berada tepat di saluran irigasi tersebut memiliki aliran air yang mempercantik taman.

Akses menuju Taman Indah Gading Mas sebutnya cukup mudah. Dari arah Bandarlampung bisa ditempuh sekitar satu jam. Dari pusat kota Pringsewu bisa ditempuh sekitar seperempat jam. Penanda dari Bandarlampung setelah masuk kawasan Pekon Wates akan terlihat tugu bambu berwarna kuning. Dari arah Pringsewu patokan patung gajah mengangkat besi.

“Taman Indah Gading Mas cukup terlihat dari jalan dengan adanya giant letter atau tulisan besar PRINGSEWU berwarna merah diapit enam bambu runcing berornamen tapis Lampung, yang juga sekaligus menjadi lokasi parkir untuk kendaraan roda dua,” terang Valeria saat ditemui Cendana News, Minggu (11/4/2021).

Sampai di lokasi Valeria menyebut bisa masuk area Taman Indah Gading Mas. Cukup memasukkan uang seiklhasnya pada kotak yang disediakan ia bisa menikmati suasana taman itu. Jajaran pohon ketapang di tepi saluran irigasi, tempat duduk dihiasi dengan sejumlah tanaman bunga. Jenis tanaman refugia warna warni sebagian kering namun tetap bisa dinikmati.

Kesejukan alami terasa saat semilir angin di area persawahan. Hamparan padi menguning di dekat taman bisa menjadi latar belakang foto.

Pengunjung lain bernama Cika menyebut ia mengajak suami mampir di taman tersebut. Sebelum melakukan perjalanan ke Gisting ia menyempatkan untuk berfoto dengan latar belakang giant letter Pringsewu.

“Mampir sebentar untuk istirahat sekaligus menikmati suasana alam persawahan, tempatnya menarik untuk swafoto,” terang Cika.

Valeria, salah satu pengunjung di Taman Indah Gading Mas di Pekon Bulukarto, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Lampung, Minggu (11/4/2021). Foto: Henk Widi

Sujanto, anggota Unit Pengelola Jasa Alsintan (UPJA) Gading Mas menyebut taman itu masih kerap dikunjungi. Taman yang akan lebih indah saat memasuki masa tanam sementara belum dibenahi ulang. Petani masih fokus persiapan panen dan taman akan diremajakan saat masa tanam. Peremajaan dilakukan pada sejumlah tanaman bunga refugia yang menarik.

Bagi pengunjung keindahan Taman Indah Gading Mas sebut Sujanto masih bisa dinikmati. Lokasi giant letter dengan hamparan sawah masih bisa menjadi latar belakang berfoto.

“Taman Indah Gading Mas tetap jadi magnet pecinta rekreasi sehingga akan dipercantik berbarengan saat nanti musim tanam padi,” ulasnya.

Keberadaan Taman Indah Gading Mas di Jalan Lintas Barat ikut mempercantik lanskap kota. Selain itu dampak ekonomi dirasakan pelaku usaha oleh oleh, penjualan belut dan makanan ringan di lokasi itu.

Suminah, pedagang belut mengaku saat akhir pekan banyak warga mengunjungi Taman Indah. Ia bisa menjual dengan harga Rp20.000 dengan omzet mencapai ratusan ribu per hari. Pelanggan sebagian pengunjung usai mendatangi Taman Indah Gading Mas.

Lihat juga...