Lebaran CDN

Terminal Bus Mandala Rangkasbitung Tutup Pada 6-17 Mei 2021

Suasana di Terminal bus Mandala Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, yang akan ditutup pada 6-17 Mei 2021 sehubungan larangan mudik oleh pemerintah guna mencegah penyebaran pandemi COVID-19 – Foto Ant

LEBAK – Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, Kabupaten Lebak Provinsi Banten, akan ditutup pada 6-17 Mei 2021 sehubungan larangan mudik oleh pemerintah guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Kami sebelum melakukan penutupan, melakukan sosialisasi kepada awak pengemudi, pengusaha otobus, Organda, biro jasa perjalanan dan penumpang,” kata Kepala Terminal Bus Mandala Rangkasbitung, Muksin, Kamis (29/4/2021).

Penutupan terminal tersebut untuk mendukung kebijakan pemerintah pusat yang melarang kegiatan mudik Lebaran 1442 Hijriah. Pelarangan mudik itu bertujuan mencegah penyebaran COVID-19 yang membahayakan dan bisa menimbulkan kematian. “Kami minta pengemudi angkutan dan penumpang dapat mentaati aturan larangan mudik itu,” jelasnya.

Saat ini, populasi kendaraan di Terminal Mandala Rangkasbitung ada sekira 130 bus. Semuanya melayani trayek Angkutan Kendaraan Antar Provinsi (AKAP) jurusan Rangkasbitung-Bandung. Ada pula yang melayani trayek Rangkasbitung-Bekasi-Cikarang-Jakarta dan Bogor. “Kami akan memperketat jika penutupan terminal, karena khawatir menjamur travel gelap yang melayani mudik Lebaran,” jelasnya.

Kebijakan pemerintah pusat cukup positif untuk memutus mata rantai COVID-19, dengan melarang masyarakat melakukan kegiatan mudik Lebaran. Untuk memastikan berjalannya larangan tersebut, pengelola terminal menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah, Kepolisian, TNI dan instansi lainnya guna mengantisipasi larangan mudik Lebaran tersebut. “Kami minta semua angkutan kendaraan dapat mentaati larangan mudik itu untuk mencegah pandemi Corona selama Ramadhan,” tandasnya. (Ant)

Lihat juga...