Lebaran CDN

Usai Hari Kuningan Sejumlah Pantai di Ketapang Ramai Pengunjung

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Usai hari raya Kuningan bagi umat Hindu, sejumlah pantai di wilayah Ketapang, Lampung Selatan, .  Salah satunya, Pantai Onaria yang dikenal pula sebagai Panta Puri Dewata.

Nyoman Budio, salah satu pemilik usaha penyewaan ban pelampung di objek wisata pantai Onaria, sejak Sabtu (23/4/2021) saat hari raya Kuningan, pantai di Desa Tridharmayoga, Kecamatan Ketapang menjadi destinasi warga.

Pantai yang juga dikenal dengan pantai Puri Dewata itu berada di dekat Jalan Lintas Timur Sumatra. Akses yang mudah membuat pantai ini menjadi lokasi favorit bagi warga di desa bernuansa Bali tersebut. Sesuai tradisi, usai perayaan Kuningan pemeluk agama Hindu melakukan mesuryak. Tradisi itu kerap dilakukan bertepatan pada Kuningan atau sehari sesudahnya sebagai ungkapan syukur.

Tengku Khalidsyah mengunjungi pura Segara Batu Putih di Desa Ketapang, Kecamatan Ketapang, Lampung Selatan yang memiliki keindahan di tepi pantai Batu Putih, Minggu (25/4/2021). -Foto: Henk Widi

“Lokasi pantai digunakan untuk Mesuryak. Mengajak serta anak anak, anggota keluarga dan kerabat ungkapan syukur membawa uang logam, uang kertas dan banten pengadegan atau sesaji. Setelah melakukan mersuyak simbol kemakmuran, syukur, kembalinya leluhur ke surga, anggota keluarga bisa berlibur ke pantai,” terang Nyoman Budi,o saat ditemui Cendana News, Minggu (25/4/2021).

Menurut Nyoman Budio, pengunjung datang secara bertahap untuk menikmati suasana pantai Onaria yang landai, dengan tumbuhan waru laut sebagai peneduh. Sebagai ungkapan syukur dan perekat kebersamaan, pengunjung kerap melakukan acara makan bersama dengan bancakan di tepi pantai.

Nyoman Budio mengaku aktivitas wisata di pantai Onaria menjadi berkah baginya. Menyediakan sebanyak puluhan ban ukuran kecil, sedang dan besar, ia bisa mendapat hasil menjanjikan. Ban pelampung kecil disewakan Rp10.000, ukuran sedang Rp15.000 dan ukuran besar Rp20.000. Hasil ratusan ribu rupiah bisa diperoleh dengan meningkatnya kunjungan ke pantai Onaria.

Ia mengatakan, Pantai Onaria cocok untuk wisata keluarga. Sebab, hanya berjarak ratusan meter dari Jalan Lintas Timur Sumatra. Pengunjung juga cukup membayar parkir Rp5.000 untuk motor dan Rp10.000 untuk mobil. Pantai yang landai, berombak tenang dan berpasir putih menjadi alternatif menikmati kebersamaan usai hari raya Kuningan.

“Selama rangkaian Galungan dan Kuningan, warga lebih banyak di rumah, usai dua perayaan itu pantai jadi tempat favorit untuk rekreasi,”paparnya.

Selain pantai Onaria di Desa Tridharmayoga, pantai yang juga ramai dikunjungi warga berada di pantai Batu Putih. Pantai timur pesisir Lampung Selatan di Desa Ketapang ini menjadi tempat yang dikunjungi Tengku Khalidsyah. Ciri khas pantai dengan tebing putih, pasir putih tersebut selain memiliki pemandangan indah juga dekat dengan Pura Segara Batu Putih. Ia mengaku diajak salah satu rekannya usai merayakan Kuningan.

“Suasananya seperti berada di Bali, karena di tepi pantai ada Pura Segara Batu Putih,”cetusnya.

Menurutnya, Pura Segara Batu Putih menjadi salah satu destinasi wisata religi bagi umat Hindu. Selain bisa menikmati suasana pura Segara Batu Putih, ia bisa menikmati pemandangan pantai Batu Putih. Dihubungkan dengan tangga area pura dan pantai menjadi lokasi menarik untuk swafoto. Keberadaan tanggul penahan ombak yang dicat warna-warni, menjadi tempat baginya berswafoto.

Wayan Sude, kepala pengelola pura Segara Batu Putih, menyebut kawasan pantai tersebut menjadi tempat yang disucikan. Meski menjadi destinasi wisata, pengunjung tetap bisa menjaga kesucian area pura. Memfasilitasi pengunjung di sekitar pura, disediakan sejumlah saung untuk memandang pantai.

Selain bisa menjadi tempat untuk ritual keagamaan, pantai Batu Putih yang bersanding dengan Pura Segara Batu Putih menjadi destinasi alternatif masyarakat saat akhir pekan. Pengelolaan pantai Batu Putih dilakukan oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Keberadaan Pokdarwis pantai Batu Putih ikut mendorong pengelolaan wisata bahari.

Lihat juga...