Lebaran CDN

Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Arjasari Mulai Pekan Depan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Pelaksanaan program vaksinasi Covid-19 untuk kelompok masyarakat lanjut usia (lansia) di Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat,  dimulai pekan depan, setiap hari Rabu dan Kamis. Vaksinasi dilakukan di puskesmas Arjasari.

“Jadi seminggu dua kali, Rabu dan Kamis, mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00. Silakan datang sesuai jadwal, dan kami mengimbau masyarakat, nantinya tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, cuci tangan dan hindari kerumunan,” ujar Sri Muniati, petugas kesehatan puskesmas Arjasari, Jumat (23/4/2021).

Adapun persyaratan yang harus dipenuhi oleh para penerima vaksinasi antara lain; Berusia lebih dari 60 tahun, membawa kartu identitas diri (KTP), serta membawa kartu BPJS Kesehatan bagi yang memiliki.

“Pendaftaran vaksinasi dilakukan satu hari sebelum pelaksanaan. Bisa hubungi kontak 085723732145 untuk mendaftarkan diri,” ungkap Sri.

Lebih lanjut, Sri mengatakan, bahwa yang bukan lansia pun bisa mengikuti program vaksinasi apabila mendaftarkan atau mengantarkan dua orang lansia untuk menjalani vaksinasi Covid-19.

“Ini sebetulnya sebagai wujud kepedulian kita terhadap lansia. Mungkin ada di antara mereka yang kesulitan mendapat informasi terkait vaksinasi, jadi mari kita bantu mereka,” tukas Sri.

Di tempat berbeda, Ade (64) salah seorang lansia asal kampung Cidulang, Desa Pinggirsari, Kecamatan Arjasari mengaku belum berminat mengikuti vaksinasi. Ia merasa khawatif kesehatannya justru terganggu setelah divaksin.

“Kita ini kan sehat. Kalau sehat seharusnya tidak usah divaksin. Nanti kalau divaksin malah jadi sakit kan repot. Ini yang saya takutkan,” ucap Ade.

Seperti kebanyakan masyarakat setempat, Ade berkeyakinan bahwa Covid-19 tidak ada di wilayahnya. Pasalnya, sejak awal kemunculan Covid-19 di Indonesia, aktivitas masyarakat Cidulang tetap sama, bertani dan berkebun tanpa takut terpapar virus.

“Mungkin Corona itu cuma ada di Jakarta saja. Di sini mah tidak ada. Jadi kalau saya pribadi tetap tidak mau divaksin,” pungkas Ade.

Lihat juga...