Lebaran CDN

Vaksinasi Guru di Bandung Dikebut, PTM Digelar Juli

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menargetkan realisasi pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk guru dan tenaga kependidikan di wilayah tersebut bisa mencapai 50 persen pada bulan Mei mendatang. Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Bandung, total guru dan tenaga kependidikan mereka berjumlah 36.000.

“Pelaksanaan vaksinasi untuk guru didesain dalam bentuk pemerataan penyebaran berbasis kecamatan. Hingga saat ini secara bertahap kita sudah lakukan di 30 kecamatan atau seluruh wilayah di Kota Bandung,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Hikmat Ginanjar, Kamis (29/4/2021) usai meninjau vaksinasi di Kecamatan Cicendo.

Hikmat optimis, apabila dosis vaksin yang dibutuhkan masih tersedia, target 50 persen guru tervaksinasi pada bulan depan bisa terealisasi.

“Jadi kalau vaksinnya ada, optimis Insyaallah tercapai targetnya. Kami juga berterima kasih kolaborasi semua pihak, khususnya dengan aparat kewilayahan, Camat, Lurah, dan organisasi guru semua. Kita pun berharap bulan Juli seluruh sekolah di Kota Bandung bisa memulai kembali Pembelajaran Tatap Muka (PTM),” tukas Hikmat.

Adapun terkait teknis pelaksanaan PTM, hikmat menyebut pihaknya baru akan membahasnya pasca kegiatan vaksinasi. Namun ia memastikan, bahwa pembahasan pedoman PTM akan melibatkan seluruh pemangku kepentingan di bidang pendidikan.

“Nunggu beres dulu vaksinasi guru, baru kemudkan dilanjutkan nyusun pedoman PTM,” cetus Hikmat.

Sementara itu, di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengatakan, vaksinasi terhadap tenaga pendidik dosis pertama sudah mencapai 31.399 orang dari target sasaran 36.000 orang.

“Sedangkan target vaksinasi dosis kedua belum dimulai. Kita sekarang fokus agar semua guru bisa segera menerima vaksin dosis pertama,” ucapnya.

Ia mengatakan, sasaran vaksinasi tenaga pendidik dan kependidikan yaitu pada jenjang SD, SMP, SMA, RA, MI, MTS MA dan MAK. Proses vaksinasi saat ini dilakukan secara massal di tiap kecamatan di Kota Bandung.

“Target selesai vaksinasi dosis pertama akhir bulan ini, dan target selesai vaksinasi dosis kedua 24 Mei,” katanya.

Lihat juga...