Lebaran CDN

Vladimir Putin Targetkan Kekebalan Kolektif COVID-19 pada Musim Gugur

MOSKOW — Presiden Vladimir Putin pada Rabu mengatakan ingin Rusia mencapai kekebalan kolektif COVID-19 pada musim gugur dan meminta warga Rusia agar divaksin COVID-19.

Rusia telah memvaksinasi lebih dari 8 juta dari sekitar 144 juta orang, kata pejabat senior pekan lalu. Tidak diketahui pasti seberapa banyak penerima dosis kedua vaksin. Kremlin menyebutkan permintaan vaksinasi di Rusia mengecewakan.

Putin, yang disuntik dosis kedua vaksin COVID-19 pekan lalu, memanfaatkan pidato kenegaraan tahunan di hadapan pejabat tinggi dan parlemen pada Rabu untuk mendesak lebih banyak warga Rusia agar mengikuti program vaksinasi.

“Semua orang pasti memiliki kesempatan untuk divaksin, sebab ini akan memungkinkan apa yang dinamakan kekebalan kolektif terbentuk pada musim gugur,” katanya.

“Solusi dari masalah ini ada di tangan kami dan tangan kalian, di tangan seluruh warga negara. Sekali lagi saya menyeru seluruh warga Rusia: lakukan vaksinasi.”

Rusia memiliki tiga vaksin COVID-19, dengan yang paling populer yakni Sputnik V. Moskow juga merestui dua vaksin COVID-19 lainnya yaitu, EpiVacCorona dan CoviVac. [Ant]

Lihat juga...