Lebaran CDN

Warga Banjarmasin Lengah Prokes, PPKM Diperpanjang

BANJARMASIN  – Pejabat Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Mukhyar, menjelaskan daerah setempat memperpanjang pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro karena masih dijumpai banyak warga setempat yang lengah dalam menerapkan protokol kesehatan.

“Kita perpanjang lagi PPKM untuk dua pekan ke depan,” ujarnya di Banjarmasin, Selasa.

Ia mengatakan penerapan PPKM sebelumnya sudah berakhir pada 19 April 2021.

Sedangkan sesuai instruksi pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), katanya, karena kasus COVID-19 masih tinggi maka sejak 20 April hingga dua pekan ke depan PPKM skala mikro terus tetapkan.

“Karena PPKM skala mikro ini cukup bisa menekan bertambahnya kasus COVID-19 di daerah kita, jadi baiknya memang diteruskan, hingga warga maksimal menerapkan protokol kesehatan,” ujarnya.

Dengan penerapan PPKM skala mikro ini, kata dia, Satgas COVID-19 bisa berlaku lebih tegas dalam mendisiplinkan masyarakat untuk menaati protokol kesehatan, seperti pemakaian masker, jaga jarak, dan mengantisipasi kerumunan.

Mukhyar menegaskan perpanjangan PPKM kali ini bakal diterapkan secara lebih tegas. Bagi warga yang kedapatan tidak menjalankan protokol kesehatan bisa dilakukan tes cepat antigen atau sanksi sosial, seperti menyapu atau membersihkan fasilitas umum.

Dia mengatakan tidak ada langkah lain untuk memperlambat penyebaran COVID-19 di daerah ini, kecuali dengan membatasi kegiatan masyarakat karena berpotensi penyebaran virus hingga wilayah terbawah, yakni kelurahan atau lingkungan permukiman warga.

“Jadi harus lebih efektif PPKM kali ini, semua masyarakat harus mendukungnya,” kata dia.

Data Dinas Kesehatan Provinsi Kalsel, kasus COVID-19 di Kota Banjarmasin pada 20 April 2021 ada tambahan 67 orang sehingga totalnya sampai saat ini 8.579 orang.

Untuk angka tambahan kasus sembuh tidak ada pada hari ini. Jumlah kasus sembuh totalnya 7.346 orang, sedangkan meninggal dunia totalnya 196 orang. (Ant)

Lihat juga...