Lebaran CDN

Warga di DCML Badegan Ponorogo Senang Terima Bantuan Lantainisasi

Editor: Makmun Hidayat

PONOROGO — Wajah Mesinah (68) nampak sumringah. Rumah yang ditinggalinya selama puluhan tahun kini telah jauh berubah. 

Lantai rumahnya yang dulunya hanya berupa tanah, kini telah dibangun dan diperbaharui. Selain menjadi lebih bersih dan tertata, rumah Mesinah pun kini menjadi lebih nyaman untuk ditinggali.

“Ya senang sekali, sekarang jadi lebih bersih dan nyaman. Terima kasih Yayasan Damandiri,” ujarnya.

Mesinah merupakan salah satu warga penerima bantuan program lantainisasi yang dijalankan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Badegan, Ponorogo, Jawa Timur.

Ada sekitar 50 orang warga kurang mampu di desa ini yang menerima bantuan program lantainisasi dan jambanisasi, dari Yayasan Damandiri, melalui Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera selaku pelaksana.

Masing-masing warga, menerima bantuan program lantainisasi dan jambanisasi dalam bentuk barang baik itu semen, pasir, hingga jamban dll senilai masing-masing Rp1,5 juta.

Manajer Umum Koperasi Jaya Mandiri, Wahyu Bintoro, menyebut program lantainisasi dan jambanisasi ini merupakan program bantuan di sektor lingkungan dan kesehatan tahap pertama pada tahun 2020 lalu. Sedikitnya terdapat sebanyak 50 rumah warga penerima bantuan Yayasan Damandiri ini.

“Program lantainisasi dan jambanisasi ini dijalankan guna menciptakan lingkungan rumah warga yang lebih sehat dan tertata. Dengan begitu diharapkan taraf hidup masyarakat khususnya warga miskin dapat semakin meningkat,” katanya.

Meski belum mampu mengcover semua kebutuhan yang ada, namun program lantainisasi dan jambanisasi ini paling tidak dapat meringankan tugas dan beban pemerintah dalam menghapus rumah tak layak huni milik warga Desa Badegan.

“Bantuan lantainisasi dan jambanisasi ini tentu sangat bermanfaat dalam mewujudkan rumah warga yang layak huni. Meskipun jumlahnya sebenarnya belum cukup mengcover semua kebutuhan yang ada ,” katanya.

Sebagaimana diketahui sejak 2019 lalu, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Badegan Ponorogo Jawa Timur  sebagai desa binaan ke 15. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri menggelontorkan dana miliaran rupiah ke Koperasi Jaya Mandiri Sejahtera sebagai pelaksana program ini.

Selain dimanfaatkan untuk pemberdayaan di bidang ekonomi, melalui pemberian akses modal usaha, gelontoran dana tersebut juga digunakan untuk menjalankan berbagai program pemberdayaan lainnya baik itu di bidang kesehatan, pendidikan, hingga lingkungan. Semua itu dilakukan demi menurunkan angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan warga desa.

Lewat sinergi antara program pemerintah dan Yayasan Damandiriari, berupa lantainisasi dan jambanisasi ini, hingga saat ini tercatat sekitar 90 persen rumah warga di Desa Badegan sudah tak ada lagi yang berlantai tanah ataupun memiliki kamar mandi kurang layak.

Lihat juga...