Wisata Pegunungan ‘Lengkung Langit’ Alternatif Destinasi Liburan Paskah

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

LAMPUNG – Destinasi wisata alam pegunungan jadi lokasi alternatif warga Lampung di wilayah Kemiling. Kawasan yang berada di perbukitan kaki Gunung Betung memiliki udara sejuk dan view menarik. Lengkung Langit jadi salah satu destinasi pilihan saat libur Paskah. Lokasi yang berjarak setengah jam dari kota Bandar Lampung itu memiliki akses yang mudah.

Rafikasari, salah satu pengunjung menyebut destinasi yang sedang hits itu disukai generasi milenial. Warga asal Enggal, Bandar Lampung itu menjangkau lokasi dengan motor.

Menyusuri Jalan Kartini lalu Jalan Imam Bonjol ia bisa menggunakan aplikasi Google Maps dengan titik awal tugu Gajah. Selanjutnya kendaraan mengarah ke Kemiling di Jalan Garuda menuju lokasi di Kampung Pinang Jaya.

Rafikasari dan rekannya bilang cukup mudah mencapai lokasi dengan aplikasi pengarah jalan. Aksesibilitas ke destinasi Lengkung Langit dengan jalan beraspal bahkan memudahkan pengunjung.

Setibanya di lokasi ia akan disambut petugas parkir dan diarahkan membeli tiket. Biaya parkir Rp3.000 kendaraan roda dua dan tiket masuk Rp10.000 include free air minum kemasan.

“Sistem pembayaran tiket diberi alternatif dengan memakai uang digital berbasis QRIS sehingga membantu dalam masa pandemi tidak harus memakai uang kertas. Saat masuk view alam pegunungan dengan pandangan kota Bandar Lampung bisa terlihat dari ketinggian,” terang Rafikasari saat ditemui Cendana News, Minggu (4/4/2021).

Rafikasari yang merupakan salah satu mahasiswa perguruan tinggi di Lampung itu memilih datang pagi. Suasana pagi sebelum pengunjung ramai memberi suasana ketenangan, kesejukan.

Spot utama yang jadi pusat perhatian adalah gapura menyerupai gerbang candi. Ia bisa mengabadikan momen berdiri di antara dua gapura itu. Kesannya seperti berdiri pada gerbang di atas langit.

Spot lain yang bisa dinikmati berupa giant letter atau tulisan besar bertuliskan Lengkung Langit. Spot yang berbentuk bukit itu bisa jadi area untuk melihat view daerah Kemiling.

Di sisi lainnya sebuah miniatur perahu jadi tempat untuk berfoto. Spot itu berkesan pengunjung mendayung perahu di atas langit. Sejumlah foto jadi feed media sosial Instagram dan media sosial lainnya.

“Saya suka mengunjungi spot unik dan menarik untuk menikmati liburan karena bosan di rumah,” beber Rafikasari.

Pengunjung lain bernama Hotman mengaku datang ke Lengkung Langit untuk menikmati libur Paskah. Setelah mengikuti ibadah Paskah pada Sabtu malam (3/4) ia memanfaatkan rekreasi keluarga.

Lengkung Langit sebutnya jadi destinasi yang cocok untuk anak-anak karena spot unik dan menarik. Spot bagi anak-anak berupa replika rumah ala Eropa, background  foto warna warni, ayunan dan perosotan.

Spot foto berupa miniatur rumah ala Eropa dengan cat warna warni jadi spot unik untuk berfoto di destinasi wisata Lengkung Langit, Minggu (4/4/2021) – Foto: Henk Widi

Sejumlah area yang dipisahkan dengan anak tangga membuat ia harus berhati-hati. Sejumlah saung terbuat dari bambu dan kayu juga bisa dinikmati keluarganya sembari menikmati sajian kuliner.

Sejauh ini sajian kuliner berupa nasi bakar, bakso, mi ayam serta sejumlah minuman disediakan. Rekreasi saat pandemi sebutnya tetap dengan antisipasi selalu membawa masker dan hand sanitizer.

“Rekreasi menyenangkan anak sekaligus menghilangkan kejenuhan setelah sepekan belajar online,” cetusnya.

Destinasi yang jauh dari hiruk pikuk kota menjadi pilihan saat menikmati libur Paskah. Hotman juga mengaku selain destinasi Lengkung Langit ia masih akan mengunjungi sejumlah objek wisata lain di Kemiling.

Suasana alam pegunungan di wilayah yang ada di kaki Gunung Betung itu menjadi alternatif karena memiliki udara sejuk.

Suryo (kiri) petugas pemindai suhu tubuh mengecek suhu tubuh pengunjung, meminta memakai masker dan cuci tangan sebelum masuk area destinasi wisata Lengkung Langit di Kampung Pinang Jaya, Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung, Minggu (4/4/2021) – Foto: Henk Widi

Suryo, salah satu petugas di pintu masuk menyebut sang pemilik Khoirur Rizky sedang berada di luar kota. Namun ia menyebut pengunjung yang datang saat libur Paskah meningkat.

Meski tidak merinci jumlah pastinya destinasi Lengkung Langit selalu ramai dikunjungi. Bagi pengunjung yang datang wajib memakai masker, cuci tangan dan akan dipindai suhu tubuh memakai thermo gun.

Lihat juga...