148 Orang di Posko Arus Balik Cibatu, Reaktif Covid-19

JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengungkapkan pemeriksaan di Posko Terpadu Pemeriksaan Tes Cepat (Rapid Test) Antigen di Jalan Tol Kilometer 34 Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, telah mendeteksi 148 penumpang arus balik reaktif Covid-19.

Sebanyak 148 orang tersebut terjaring oleh petugas di Posko Terpadu Pemeriksaan Rapid Test Antigen, saat arus balik dari kampung halaman menuju Jakarta.

“Ditemukan 148 orang yang positif atau reaktif. Mereka dirujuk ke Wisma Atlet ada 57 orang. 17 orang lainnya ke rumah sakit lain dan ada 74 orang yang melakukan isolasi mandiri (di rumah),” ujar Anies usai melakukan inspeksi pemeriksaan tes cepat (rapid test) antigen di Jalan Tol Km 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu (19/5/2021).

Dari total 22.910 pemudik atau warga yang menumpangi 5.955 kendaraan melewati Tol Cibatu, hanya 148 orang yang positif atau reaktif.

Anies mengatakan, walaupun persentase penumpang kendaraan mudik yang reaktif Covid-19 itu bernilai kecil, namun langkah antisipasi tetap perlu dilakukan.

“Jadi walaupun angka persentasenya kecil, 148 dari 22.910, tapi jika mereka tidak terdeteksi, maka (berpotensi) akan menjadi pembawa (carrier) yang bisa menularkan kepada masyarakat yang lain,” kata Anies.

Anies tiba di Posko Swab Antigen Terpadu di Jalan Tol Kilometer 34, Cibatu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Rabu, sekitar pukul 10.55 WIB.

Anies berangkat pukul 10.13 WIB dari Balai Kota Provinsi DKI Jakarta bersama Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Metro Jaya Irjen Polisi Fadil Imran dan Panglima Komando Daerah Militer Jayakarta (Pangdam Jaya) Mayjen TNI Dudung  Abdurachman.

Rombongan tersebut kemudian melangsungkan rapat terbatas di dalam area Posko Terpadu Pemeriksaan Tes Cepat (Rapid Test) Antigen Drive Thru Polda Metro Jaya.

Sekitar pukul 11.12 WIB, Gubernur DKI Jakarta, Kapolda Metro Jaya dan Pangdam Jaya menjeda rapat untuk mengecek ke lapangan, guna memastikan proses usap (swab) antigen di lapangan berjalan benar.

Anies dan Pangdam Jaya serta Kapolda Metro Jaya kemudian memasang stiker bebas Covid-19 kepada setiap mobil pribadi yang penumpangnya sudah melakukan pemeriksaan dan dinyatakan negatif usai dilakukan tes usap.

Anies juga mengecek jumlah pengecekan yang dilakukan hari ini serta menyemangati tenaga kesehatan yang bertugas di lapangan.

“Alhamdulillah, dari pantauan tadi kegiatan berjalan baik petugas-petugas melaksanakan secara profesional dan saya ingin sampaikan apresiasi kepada petugas dan jajaran Polda Metro Jaya dari Kodam Jaya dan juga jajaran Dinas Kesehatan dan Perhubungan, yang bersama-sama kompak bekerja untuk mengamankan ibu kota kita,” katanya. (Ant)

Lihat juga...