30 Pemudik Banyumas Terjaring Positif Covid-19

Editor: Makmun Hidayat

PURWOKERTO — Sebanyak 2.045 orang pemudik yang hendak masuk Kabupaten Banyumas dilakukan swab test antigen dan hasilnya ditemukan ada 30 pemudik yang positif Covid-19. Pemudik yang positif tersebut dari hasil test antigen sebanyak 21 orang dan dari hasil swab PCR yang positif ada 9 orang.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyumas, Sadiyanto mengatakan, pemudik yang terjaring positif Covid-19 ditemukan oleh tim gabungan dari beberapa titik dan sampai saat ini test antigen masih terus dilakukan baik pada titik pintu masuk ke wilayah Banyumas, maupun ke beberapa pusat keramaian.

“Kita maksimalkan kembali test antigen ataupun swab, kalau di wilayah perkotaan secara acak dan di perbatasan juga, hasil terakhir ada 30 pemudik yang diketahui positif Covid-19,” jelasnya, Selasa (25/5/2021).

Lebih lanjut Sadiyanto mengungkapkan, dari hasil test antigen di wilayah perkotaan, dari total 130 orang, ditemukan ada dua orang yang positif Covid-19. Salah satu yang positif tersebut berasal dari Kabupaten Indramayu dan sudah langsung dipulangkan. Sedangkan satu lagi yang positif merupakan warga Banyumas dan sudah dilakukan karantina.

Swab test antigen juga menyasar ke beberapa hotel, supermarket, pertokoan modern serta rumah makan di wilayah perkotaan. Tim gabungan terdiri dari Dinkes Banyumas, Satpol PP, Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas, serta Polresta Banyumas terus melakukan test antigen secara acak pada lokasi-lokasi tersebut. Dalam satu hari minimal ada 50 orang yang dilakukan test antigen secara acak.

Sementara itu, Kapolresta Banyumas, Kombes Pol M Firman L Hakim mengatakan, pihaknya juga melakukan swab test antigen ke beberapa warung angkringan, cafe serta restoran. Terakhir ada 66 orang pengunjung yang dilakukan swab test antigen dan semuanya negatif.

“Ini merupakan upaya pencegahan yang kami lakukan, selain memantau supaya tidak sampai terjadi kerumunan, juga dilakukan swab test antigen untuk memastikan para pengunjung angkringan ataupun cafe tersebut aman dari Covid-19,” terangnya.

Terpisah, Kepala Dinhub Banyumas, Agus Nur Hadie mengatakan, dalam penyekatan pada beberapa titik, ditemukan empat orang pengendara yang terkonfirmasi positif Covid-19 dari total sekitar 3.000 pengendara yang diperiksa.

“Hari Senin (24/5/2021) kemarin, ada 510 orang pengendara yang dilakukan swab test antigen dan ditemukan ada 4 orang yang positif, mereka langsung dibawa ke tempat karantina,” jelasnya.

Agus mengatakan, empat orang pengendara yang positif tersebut ditemukan pada lokasi penyekatan yang berbeda-beda, yaitu di daerah Sokaraja, Tambak, Wangon dan jembatan timbang Ajibarang.

“Masih ditemukannya kasus positif Covid-19 ini pada lokasi yang berbeda-beda, menunjukkan bahwa penyebaran virus masih masif, sehingga kita meminta kepada seluruh masyarakat untuk jangan lalai menerapkan protokol kesehatan, mulai dari menggunakan masker, mencuci tangan menggunakan sabun, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ucapnya.

Lihat juga...