Lebaran CDN

42 Persen KK DCML Cilampunghilir Manfaatkan Program ‘Modal Kita’

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

TASIKMALAYA – Sejak berdiri tahun 2019 lalu, Koperasi Amanah Galunggung Mandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri, tercatat telah mampu memberikan akses permodalan bagi sebanyak 1021 warga kurang kurang mampu di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) di Desa Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jumlah tersebut mencakup 75 pesen dari total sebanyak 1344 anggota koperasi, serta 42 persen dari total sebanyak 2426 KK warga desa yang terletak di kawasan sisi tenggara Gunung Galunggung Jawa Barat itu.

Manajer Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Khairul Taufiq Ismail, mengatakan, seluruh warga yang menerima manfaat pinjaman modal usaha dari unit Modal Kita itu tersebar di sebanyak 11 kelompok yang ada di 4 wilayah dusun. Mayoritas dari mereka merupakan warga miskin atau kurang mampu yang berprofesi sebagai pedagang.

“Unit usaha Modal Kita yang dijalankan Koperasi Amanah Galunggung Mandiri ini telah berjalan selama kurang lebih 3 tahun. Sampai saat ini kita telah menerima gelontoran dana dari Yayasan Damandiri mencapai Rp2,276 miliar. Sementara hingga 2021 ini total perputaran sudah mencapai Rp3 miliar lebih,” katanya kepada Cendana News, Sabtu (1/5/2021).

Menurut Taufiq, keberadaan unit usaha Modal Kita di DCML Cilampunghilir selama 3 tahun terakhir, telah memberikan manfaat luar biasa bagi warga sekitar. Disamping menjadi sumber permodalan bagi warga, adanya unit usaha Koperasi Amanah Galunggung Mandiri  juga terbukti mampu mendorong perekonomian masyarakat.

“Sejak adanya unit usaha Modal Kita, masyarakat Desa Cilampunghilir menjadi sangat terbantu. Warga yang dulunya tidak bisa meminjam modal di bank kini bisa meminjam di koperasi. Syaratnya juga sangat mudah, sehingga warga tidak perlu repot mengurus banyak persyaratan ini-itu,” katanya.

Taufik berharap, keberadaan Koperasi Amanah Galunggung Mandiri dengan unit usaha Modal Kita ini dapat semakin berkembang di masa yang akan datang. Dengan begitu koperasi akan bisa berkontribusi lebih besar untuk membantu perekonomian masyarakat DCML Cilampunghilir.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Cilampunghilir, Padakembang Tasikmalaya, Jawa Barat, sebagai salah satu desa binaan sejak tahun 2019.

Lewat program Desa Cerdas Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan.

Baik di bidang ekonomi, pendidikan, lingkungan hingga kesehatan. Semua itu dilakukan dalam upaya mengatasi persoalan kemiskinan sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat.

Lihat juga...