Akses Jalan di Padang-Solok Selatan Kembali Lancar

AROSUKA  – Akses jalan Padang-Solok Selatan, Sumatera Barat kembali lancar dilalui kendaraan, karena sebelumnya sempat tertutup akibat tertimbun material longsor di Nagari Aia Dingin, Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok.

“Alhamdulillah sekarang akses jalan sudah mulai lancar setelah alat berat dari pemilik tambang dan Dinas PUPR Provinsi Sumbar bekerja di lokasi untuk memindahkan material yang berisi tanah dan batu tersebut,” kata Pj Wali Nagari Air Dingin, Heril Wandi di Air Dingin, Selasa.

Wandi mengatakan kejadian longsor tersebut dipicu akibat hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak beberapa hari belakangan.

Kejadian longsor tersebut terjadi di lima titik dekat kawasan pertambangan galian C Nagari Aie Dingin Kecamatan Lembah Gumanti, Kabupaten Solok, sejak Minggu (16/05) siang.

“Saat ini empat titik longsor sudah berhasil dibersihkan dan akses jalan pun mulai lancar dilalui. Namun masih ada satu titik lagi yang belum selesai,” ujar dia.

Akibat peristiwa itu, ratusan kendaraan sempat terjebak kemacetan panjang dari kedua arah, yakni dari arah Solok Selatan dan arah Padang.

“Kami bersyukur tidak ada korban jiwa atas peristiwa itu, serta tidak ada rumah warga yang tertimpa longsor,” kata dia.

Menurut Wandi, daerah air dingin memang sangat rawan sekali terjadi longsor saat hujan deras. Salah satunya di dekat daerah bekas pertambangan.

“Bahkan beberapa Minggu lalu juga terjadi longsor dan hampir menewaskan satu orang pengendara sepeda motor karena terbawa material longsor. Alhamdulillah akhirnya bisa diselamatkan,” kata dia.

Ia mengimbau agar masyarakat, terutama para mengemudi yang melewati daerah rawan longsor tersebut agar tetap waspada dan berhati-hati karena saat ini cuaca di daerah itu masih mendung. (Ant)

Lihat juga...