Aksi Buang Sampah ke Sungai Bedadung Bikin Resah

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Aksi buang sampah sembarangan ke Sungai Bedadung, Jember, Jawa Timur, masih acap dijumpai hingga membuat warga sekitar resah dan merasa geram.

Tiwi, warga sekitar sungai, mengaku dirinya seringkali mendapati orang yang melintasi jembatan Sungai Bedadung membuang sampah dengan cara melempar semena-mena.

“Biasanya warga yang melintas dengan kendaraan, tiba-tiba langsung melempar ke bawah. Tumpukan sampahnya dibungkus dengan kantong plastik. Padahal di bawah masih ada orang yang sedang beraktivitas,” ujar Tiwi kepada Cendana News, di wilayah Kelurahan Jemberlor, Kecamatan Patrang, Jember, Rabu (26/5/2021).

Tiwi, saat ditemui di wilayah Jalan Bedadung, Kelurahan Jember Lor, Rabu (26/5/2021). -Foto Iwan Feri Yanto

Tiwi menambahkan, dirinya pernah sekali mengetahui ada orang membuang sampah dan mengenai salah satu warga saat sedang memancing.

Diakuinya, ia beserta warga sekitar lainnya kesulitan saat mencoba menasihati supaya tidak membuang sampah sembarang dengan cara melempar begitu saja ke sungai. Akibat ulah mereka, sungai semakin banyak tumpukan sampah dan membahayakan orang lain.

“Perlu kesadaran diri, membuang sampah jangan di sungai. Aliran Sungai Bedadung banyak digunakan aktivitas warga. Baik digunakan untuk mandi, mencuci, maupun warga yang sedang memancing ikan,” ujarnya.

Muktar, salah satu warga sekitar, menyayangkan aksi warga yang begitu saja melempar sampah. Pasalnya, menurutnya, masih banyak tempat pembuangan sampah sementara yang bisa digunakan.

“Apa sulitnya membuang di tempat pembuangan sampah sementara. Dengan begitu tidak ada orang lain yang menjadi korban. Kasihan beberapa kali warga yang sedang aktivitas di sekitar sungai, tiba-tiba tertimpa buangan sampah,” ucapnya.

Muktar menegaskan, sesekali ingin memberi tahu orang yang dengan santai dan seenaknya sendiri melempar sampah sembarangan, namun sulit untuk bisa menemuinya. Sebab warga yang tiba-tiba saja buang sampah, waktunya tidak menentu.

Lihat juga...