Aliran Sungai Citarum Sektor 4 Masih Acap Dipenuhi Sampah

Editor: Makmun Hidayat

BANDUNG — Kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai belum sepenuhnya terbangun. Terlihat, masih banyak tumpukan sampah di beberapa titik aliran Sungai Citarum, yang mengakibatkan banjir. Salah satunya di Kecamatan Ciparay.

Tatang, salah seorang petugas kebersihan di wilayah tersebut mengaku, tumpukan sampah di aliran Sungai Citarum sektor 4 itu sudah sering ia jumpai.

“Ini bukan yang pertama. Sering kita bersihkan di sini. Akibatnya kalau hujan besar ya air meluap karena alirannya tersumbat sampah,” kata Tatang saat ditemui di Ciparay, Kabupaten Bandung, Rabu (26/5/2021).

Tatang mengimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarang, terutama di aliran Sungai Citarum. Pasalnya, dampak yang muncul luar biasa, selain banjir, juga penyakit.

“Apalagi Sungai Citarum ini sudah dijaga sama TNI, jadi jangan sembarangan, bisa ditangkap kalau ketahuan buang sampah ke sini,” tandas Tatang.

Di tempat yang sama, Juhana, salah seorang petani di sekitar bantaran Sungai Citarum juga merasakan dampak atas luapan air sungai  tersebut.

“Sawah saya rusak semua karena banjir ini. Iya mau apalagi, mau marah tapi marah ke siapa, cuma ya saya sih berharap pemerintah bisa membantu, mungkin sungainya perlu dikeruk, atau diperlebar,” ungkap Juhana.

Menurut Juhana, kejadian semacam itu bukan terjadi sekali dua kali, tapi selalu terjadi saat hujan lebat dan panjang, terutama saat musim hujan.

“Ini kalau dihitung kerugiannya tidak sedikit. Dan bukan hanya saya, banyak petani lain yang juga terdampak. Jadi sama-sama lah kita jaga, pemerintah upayakan, masyarakat pun harus menjaga demi kebaikan bersama,” pungkas Juhana.

Lihat juga...