Asa Everton Raih Tiket Eropa Dihidupkan Richarlison

Penyerang Everton, Richarlison, merayakan golnya ke gawang Wolverhampton dalam lanjutan Liga Inggris di Stadion Goodison Park, Liverpool, Inggris, Rabu (19/5/2021) waktu setempat – Foto Ant

JAKARTA – Richarlison, sukses menyalakan asa Everton untuk meraih tiket kualifikasi kompetisi Eropa, seusai golnya mengunci kemenangan tipis 1-0 atas Wolverhampton, pada laga pekan ke-37 Liga Inggris. Laga digelar di Stadion Goodison Park, Liverpool, Rabu (19/5/2021) waktu setempat atau Kamis (20/5/2021) dinihari WIB.

Tambahan tiga poin, membawa Everton kembali naik ke posisi kedelapan klasemen dengan koleksi 59 poin, setelah sempat digusur Leeds United (59) sehari yang lalu. Everton, kini menyamai raihan poin tim peringkat keenam Tottenham Hotspur dan West Ham United. Tetapi harus menduduki posisi lebih rendah, karena inferioritas selisih gol. Kendati demikian, peluang Everton tetap terbuka, terlebih jika kedua pesaingnya itu terpeleset di laga pemungkas,

Sedangkan bagi Wolves (45), hasil pertandingan tersebut memperpanjang tren buruk laga tengah pekan, tanpa kemenangan dalam 13 penampilan terakhir. Posisinya tak beranjak dari urutan ke-12.

Babak pertama berakhir tanpa gol tercipta, setelah kedua tim mampu mematahkan serangan masing-masing. Wolverhampton punya dua peluang berbahaya, lewat tembakan voli jarak jauh Morgan Gibbs-White dan tembakan keras Adama Traore di muka gawang. Tetapi keduanya bisa dimentahkan secara gemilang oleh kiper, Jordan Pickford.

Sedangkan tuan rumah, beroleh kesempatan bagus empat menit jelang turun minum, dari situasi sepak pojok. Sayangnya penyelesaian Richarlison membentur pemain Wolves, sehingga akhirnya melenceng dari sasaran. Kebuntuan pecah tiga menit memasuki babak kedua, ketika bola sepak pojok kiriman Gylfi Sigurdsson, bisa disambut sundulan Richarlison di area tiang dekat, demi memperdaya kiper John Ruddy sekaligus membawa Everton memimpin atas Wolves.

Gol itu membuat Everton lebih nyaman melancarkan serangan ke pertahanan Wolves. Sementara Dominic Calvert-Lewin, berpeluang menggandakan keunggulan tuan rumah pada menit ke-72. Sayang penyelesaiannya atas umpan terobosan Richarlison mengarah lurus mengarah ke pelukan Ruddy.

Sigurdsson melepaskan dua tembakan jarak jauh, yang hanya melenceng tipis di sisi gawang Wolves pada menit ke-77 dan enam menit kemudian. Everton gagal menambah marjin keunggulan tetapi skor kemenangan 1-0, jelas menjadi modal positif bagi tim besutan Carlo Ancelotti, menjelang melawat ke markas tim juara Manchester City untuk laga pemungkas musim pada Minggu (23/5/2021). Dalam laga lain yang berlangsung bersamaan, Wolves akan menjamu Manchester United di Molineux. (Ant)

Lihat juga...