Banjarnegara Segera Memasuki Awal Musim Kemarau

Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhi – Foto Ant

BANJARNEGARA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, wilayah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), akan segera memasuki musim kemarau pada pertengahan Juni 2021.

​”Tingkat curah hujan pada saat ini kian menurun, karena Kabupaten Banjarnegara akan segera memasuki musim kemarau pada Juni dasarian kedua,” kata Kepala Stasiun Geofisika Banjarnegara (BMKG Banjarnegara), Setyoajie Prayoedhi, Minggu (23/5/2021).

Kondisi serupa, diprakirakan akan berlangsung di kabupaten sekitar, seperti Purbalingga, Kebumen dan Banyumas. Terkait dengan peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau, BMKG mengimbau, masyarakat untuk mewaspadai dampak yang ditimbulkan. “Misalkan bagi mereka yang tinggal di lokasi rawan kekeringan maka perlu mewaspadai penurunan intensitas curah hujan karena dapat berdampak pada krisis air bersih,” jelasnya.

Untuk itu, BMKG juga mengimbau masyarakat, untuk mulai bijak menggunakan air, guna mencegah terjadinya krisis air bersih saat musim kemarau. Selain dapat berdampak pada krisis air bersih, penurunan intensitas curah hujan, juga dapat meningkatkan potensi kebakaran hutan dan lahan. “Karena itu ketika memasuki musim kemarau nanti masyarakat kembali diimbau untuk tidak melakukan aktivitas membakar sampah atau ranting, karena dikhawatirkan dapat memicu kebakaran hutan dan lahan,” tandasnya.

​Menurutnya, perlu peran aktif dari semua pihak untuk bersama-sama melakukan upaya mitigasi atau pengurangan risiko bencana pada musim kemarau. Lebih lanjut disebutkan, ada sebagian wilayah di Jawa Tengah yang akan memasuki awal musim hujan pada Juni. Namun, ada juga yang memasuki awal musim kemarau pada April dan Mei. “Berdasarkan prakiraan cuaca, awal musim kemarau akan terjadi berbeda-beda di wilayah Jawa Tengah karena dipengaruhi beberapa hal seperti kondisi topografis dan geografis, namun untuk wilayah Banjarnegara dan sekitarnya, akan memasuki awal kemarau pada Juni ini,” katanya.

Sementara itu, BMKG juga memprakirakan, Banjarnegara berpeluang mengalami hujan dengan intensitas ringan hingga menengah, pada Senin (24/5/2021). “Berdasarkan prakiraan cuaca, Banjarnegara berpeluang hujan pada esok hari, peluang tersebut diperkirakan meningkat pada sore hingga malam hari,” tandasnya. Peluang turunnya hujan bersifat merata, di hampir seluruh kecamatan yang ada di wilayah itu. (Ant)

Lihat juga...