Baru Pulih dari Cedera, Witsel Masuk Skuad Belgia di Euro 2020

Gelandang Dortmund asal Belgia Axel Witsel meninggalkan lapangan karena mengalami cedera saat pertandingan Bundesliga RB Leipzig vs Borussia Dortmund di Leipzig, pada Januari 2021 – Foto Ant

JAKARTA – Axel Witsel, masuk ke dalam skuad Belgia untuk Kejuaraan Eropa, yang mulai bergulir bulan depan, dengan pelatih Roberto Martinez. Belgia meyakini kondisi gelandang berpengaruh itu akan fit pada waktunya, saat turnamen dimulai.

Witsel (32), menjalani operasi pada cedera tendon Achilles, yang dideritanya ketika bersama Borussia Dortmund pada Januari 2021 lalu. Dan sejak itu, dia belum pernah bermain. Namun ia menjadi bagian penting lineup Belgia, memperkuat timnas untuk ke-110 melawan Inggris November lalu.

“Witsel sedang pemulihan dengan baik dan bekerja sangat keras untuk sepenuhnya fit lebih cepat dari jadwal pemulihannya. Kejuaraan Eropa terdiri atas dua turnamen dan jika Anda ingin sukses Anda harus menggunakan mentalitas yang berbeda ke fase sistem gugur. Di situlah Axel akan menjadi yang paling penting,” Martinez, Senin (17/5/2021).

Tidak ada kejutan dalam skuad Belgia. Termasuk di dalamnya keberadaan pemain Real Madrid, Eden Hazard, kendati mengalami musim yang penuh cedera, serta pemain Manchester City Kevin de Bruyne dan Youri Tielemans yang menjadi ada pahlawan kemenangan Leicester City pada final Piala FA, Sabtu lalu.

“Kami senang segalanya berjalan lebih baik dengan Eden Hazard dan kami menanti dia mencapai level teratasnya kembali dalam beberapa pekan mendatang. Ia adalah kapten kami dan akan memainkan peran penting,” kata Martinez.

Belgia akan mengawali persiapannya pada 31 Mei. Hanya saja, Martinez menyebut, hal itu dikecualikan untuk De Bruyne, yang bermain pada final Liga Champions dan akan bergabung dengan skuad pada 7 Juni. Itu berarti ia akan melewatkan pertandingan persahabatan pemanasan melawan Yunani pada 3 Juni dan Kroasia pada 6 Juni di Brussels.

Belgia, yang telah memuncaki ranking FIFA selama tiga tahun terakhir, akan menghadapi Denmark, Finlandia dan Rusia dalam Grup B, dimulai dengan Rusia di St Petersburg pada 12 Juni. Belgia adalah negara pertama dari 24 negara, yang bertanding pada Euro 2020, yang telah menentukan skuadnya yang terdiri atas 26 pemain. Martinez telah menempatkan 11 pemain. (Ant)

Squad Belgia di EURO 2020:

Kiper: Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge), Matz Sels (Racing Strasbourg)

Pemain belakang: Toby Alderweireld (Tottenham Hotspur), Dedryck Boyata (Hertha Berlin), Timothy Castagne (Leicester City), Jason Denayer (Olympique Lyonnais), Thomas Meunier (Borussia Dortmund), Thomas Vermaelen (Vissel Kobe), Jan Vertonghen (Benfica)

Pemain tengah: Nacer Chadli (Istanbul Basaksehir), Kevin De Bruyne (Manchester City), Leander Dendoncker (Wolverhampton Wanderers), Thorgan Hazard (Borussia Dortmund), Dennis Praet, Youri Tielemans (both Leicester City), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Borussia Dortmund)

Pemain depan: Michy Batshuayi, Christian Benteke (both Crystal Palace), Yannick Carrasco (Atletico Madrid), Jeremy Doku (Stade Rennes), Eden Hazard (Real Madrid), Romelu Lukaku (Inter Milan), Dries Mertens (Napoli), Leandro Trossard (Brighton and Hove Albion)

Lihat juga...