Lebaran CDN

Bendungan Batang Pangian Segera Dinormalisasi Cegah Banjir

PADANG ARO – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, segera melakukan normalisasi Bendungan Batang Pangian sebagai langkah pencegahan banjir di Kecamatan Sangir Balai Janggo.

“Normalisasi Batang Pangian sudah dipersiapkan dan akan dilakukan selama 400 jam pekerjaan,” kata Bupati Solok Selatan, Khairunas, di Padang Aro, Minggu (2/5/2021).

Ia mengatakan, selain normalisasi, pemerintah daerah juga sudah berkomunikasi dengan pihak perusahaan, yaitu PTPN VI untuk dapat membantu membongkar bendungan yang dibangun agar arus air menjadi lancar.

Pihak perusahaan, katanya, sudah berjanji untuk membantu kelancaran pekerjaan normalisasi tersebut, termasuk terkait pembongkaran tanggul itu.

Ia berharap, perusahaan-perusahaan di Solok Selatan dapat berkolaborasi untuk menyejahterakan masyarakat.

“Saya juga berasal dari pengusaha dan sekarang diamanahi jadi bupati, semoga hal itu akan membantu kelancaran komunikasi dengan perusahaan dalam mempercepat pembangunan,” ujarnya.

Berdasarkan catatan Pemerintah Kabupaten, katanya, ada 16 perusahaan di Solok Selatan termasuk PTPN VI dan di minta kolaborasinya untuk menyukseskan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat.

Bupati Solok Selatan sudah melakukan tinjauan ke Batang Pangian yang sering meluap ke pemukiman warga, kalau curah hujan tinggi dan melihat bendungan yang dibangun PTPN VI.

Manajer PTPN VI, Zulkarnain Arianja, mengatakan pihaknya siap membantu pemerintah daerah dalam aktivitas pembangunannya.

“Kami dari PTPN VI siap untuk berkolaborasi dan membantu aktivitas pembangunan yang dijalankan Pemkab Solok Selatan,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...