Berkah Damandiri Sukses Dorong Warga Pesantunan Berkoperasi

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Wanasari Brebes Jawa Tengah, Slamet Abdurokhman. Foto: Jatmika H Kusmargana

BREBES — Didirikan sejak tahun 2018 silam, Koperasi Berkah Damandiri yang merupakan koperasi binaan Yayasan Damandiri di Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah, sukses mendorong warganya dalam berkoperasi.

Hal itu dapat dilihat dari banyaknya warga desa yang secara sukarela bergabung menjadi anggota koperasi. Dari total jumlah penduduk sebanyak 5.000 kk, sampai dengan tahun 2021 ini, tercatat sudah ada sebanyak 3.000 orang atau 60 persen lebih warga desa yang menjadi anggota koperasi.

Selain memudahkan upaya pengembangan koperasi, capaian ini juga diharapkan akan menjadi langkah awal dalam mensukseskan berbagai upaya pemberdayaan yang bertujuan memajukan dan mensejahterakan warga DCML Pesantunan. Baik itu di sektor perekonomian, pendidikan, kesehatan, lingkungan.

“Sejak awal didirikan, kita memang ingin menganjak semua warga desa bergabung dengan koperasi. Targetnya dalam 5 tahun semua warga desa sudah bisa menjadi anggota koperasi. Alhamdulillah sampai saat ini sudah mencapai sekitar 60-80 persen,” kata Manager Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman.

Meski mengakui baru sekitar 1700 an anggota koperasi yang aktif, Slamet menyatakan pihaknya akan terus berupaya mendorong dan mengubah paradigma masyarakat selama ini terhadap koperasi. Pasalnya dengan menjadi anggota, sebenarnya akan banyak sekali manfaat maupun keuntungan yang bisa didapatkan warga.

“Selain bisa mendapatkan berbagai kemudahan seperti misalnya terkait akses pinjaman modal usaha, setiap anggota koperasi juga bisa mendapatkan berbagai program pemberdayaan. Baik itu pelatihan, diklat. Bahkah juga program-progam bantuan sosial. Karena pada dasarnya koperasi dibangun untuk kepentingan dan kemajuan bersama,” ungkapnya.

Sebagai informasi, Yayasan Damandiri menetapkan desa Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah, sebagai desa binaan sejak tahun 2018 lalu. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri, melakukan berbagai upaya pemberdayaan, baik itu di bidang pendidikan kesehatan lingkungan sosial maupun ekonomi.

Selain menggelontorkan dana milyaran rupiah, Yayasan Damandiri juga mendirikan Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan. Di samping berfungsi sebagai pelaksana program, keberadaan Koperasi ini juga diharapkan mampu menjadi motor penggerak berbagai kegiatan pemberdayaan yang ada. Sehingga cita-cita besar Yayasan Damandiri dalam mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan maupun taraf hidup masyarakat Desa Pesantunan dapat tercapai.

Lihat juga...