Budi Daya Ikan Koi, Mudah dan Praktis

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

JEMBER – Lahan tanah persawahan sangat cocok dijadikan tempat budi daya ikan koi. Selain lebih mudah perawatannya juga menghemat biaya pakan.

Musta’anul, pemilik budi daya ikan koi mengatakan, memanfaatkan lahan tanah persawahan sebagai tempat budi daya ikan koi lebih menghemat biaya pakan, dan mempercepat pertumbuhan ikan koi yang ada.

“Ikan koi merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar. Cara budidayanya cukup mudah, bisa ditempatkan pada jenis kolam beton, kolam terpal dan kolam yang dibuat dari tanah lahan sawah. Keuntungan menggunakan tanah sawah sebagai kolam yakni dapat menghemat biaya pakan. Karena dengan sendirinya ikan koi dapat memperoleh makanan di tanah sawah secara alami,” ujar Musta’anul kepada Cendana News, di wilayah Jalan Danu Toba, Kelurahan Tegal Gede, Kecamatan Sumbersari, Jember, Jawa Timur, Senin (17/5/2021).

Budi daya ikan koi memiliki keuntungan tersendiri. Karena memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk bisnis, keuntungan yang didapat juga cukup tinggi.

“Awal mulanya saya sendiri hanya sekadar hobi  budi daya ikan hias ini. Namun ada masukan dari beberapa teman, kalau ikan koi memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Setelah itu saya coba budidaya lebih banyak untuk dijual,” ucapnya.

Anul menambahkan, bahwa karena keterbatasan kolam yang dimilikinya, ia memilih mencari lahan baru sebagai area budi daya yang lebih banyak.

“Memang, budi daya ikan koi di tanah sawah lebih mudah, karena ikan koi juga lebih mudah beradaptasi dengan lingkungan. Asalkan saja tempat yang digunakan bersih. Walaupun bukan di kolam yang tidak berbeton. Bahkan ada beberapa pembudidaya lain memilih aliran sungai sebagai tempat ikan koi,” ucapnya.

Menggunakan lahan tanah sawah yang digunakan sebagai tempat budi daya, lebih baik tanah sawah yang sudah dipanen.

Anul menyebutkan, selain manfaatnya dirasakan baik untuk budidaya ikan, juga memiliki manfaat baik untuk petani. Karena tanah akan kembali bagus saat digunakan untuk produksi tanaman padi masa berikutnya.

“Menggunakan tanah sawah untuk tempat budi daya ikan koi dapat mengurangi kebutuhan pakan yang diperlukan. Karena secara alami, makanan untuk ikan tersedia. Sedangkan untuk petani, tanah yang digunakan untuk budidaya ikan koi, akan mengembalikan kualitas baik tanah tersebut. Karena kandungan kotoran ikan yang bagus untuk tanah sawah,” tegasnya.

Pemilik ikan hias, Rosi, juga menegaskan, percepatan pertumbuhan ikan koi memang bagus di kolam tanah sawah. Karena mampu mempercepat perkembangannya.

Rosi saat ditemui di kediamannya di wilayah Jalan Slamet Riyadi, Kelurahan Krajan, Kecamatan Patrang, Jember, Jawa Timur, Senin (17/5/2021).- Foto: Iwan Feri Yanto

“Ikan hias jenis koi sebenarnya mudah stres apabila terlalu banyak menumpuk di satu tempat. Karena ikan jenis ini lebih aktif pergerakannya. Maka perlu tempat yang cukup memadai.

Menempatkan ikan koi di tanah sawah selain mempercepat pertumbuhan, juga meminimalisir angka kematian. Kalau di kolam beton, ikan koi bisa lebih banyak yang mati apabila pasokan makanan kurang, dan suhunya naik-turun. Sedangkan jika di tanah, suhu air stabil,” ucapnya.

Lihat juga...