Cap Cay Aneka Sayur, Tingkatkan Imunitas di Tengah Pandemi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

PURWOKERTO – Sayuran masih menjadi hidangan yang digemari masyarakat, selain segar juga sehat dan mampu meningkatkan imunitas tubuh di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya adalah cap cay, masakan yang kaya akan aneka jenis sayuran, namun rasanya tetap nikmat.

Salah satu penggemar cap cay, Evi Yanti mengatakan, cap cay merupakan masakan yang terdiri dari berbagai macam sayuran dan untuk meningkatkan cita rasa, terkadang ditambah dengan udang atau cumi. Sehingga nilai proteinnya tinggi dan kaya akan berbagai macam vitamin.

Penggemar masakan cap cay di Purwokerto, Evi Yanti, Sabtu (29/5/2021). Foto: Hermiana E. Effendi

“Memilih makanan yang mengandung banyak vitamin serta protein sangat penting untuk menjaga kesehatan, terlebih saat usia sudah tidak lagi muda. Sehingga cap cay menjadi salah satu pilihan masakan yang paling sering dikonsumsi keluarga saya,” tuturnya, Sabtu (29/5/2021).

Beberapa sayuran yang digunakan untuk memasak cap cay yaitu brokoli, kembang kol, buncis, wortel, baby corn, jamur kuping atau jamur tiram putih, daun bawang, caysim dan lain-lain sesuai dengan selera masing-masing.

Brokoli sendiri merupakan jenis sayuran yang banyak mengandung vitamin A, C serta berserat tinggi dan mengandung zat antioksidan. Ditambah dengan wortel yang kaya vitamin A, buncis dan lainnya.

Cara memasak cap cay cukup mudah dan bisa dengan cepat dilakukan. Awalnya semua sayuran dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai selera. Untuk bumbunya hanya memerlukan bawang putih dan bawang merah yang diiris tipis atau bisa juga dihaluskan.

Setelah itu masukkan potongan sayuran, pilih terlebih dahulu yang teksturnya agak keras seperti wortel dan brokoli. Jika menghendaki bisa juga dicampur dengan udang atau potongan cumi-cumi. Masak sebentar hingga sayuran matang dan diberi sedikit air.

“Setelah sayuran dan udang matang, tinggal ditambahkan jahe yang sudah digeprek, kemudian lada bubuk, kecap, garam dan koreksi rasa,” jelas Evi Yanti.

Penggemar cap cay lainnya, Anjar mengatakan, keluarganya lebih menyukai cap cay yang kuahnya kental. Sehingga sebelum diangkat dari kompor, ia selalu memasukkan larutan tepung maizena ke dalam masakan cap cay, kemudian diaduk sebentar.

Tepung maizena berfungsi untuk mengentalkan kuah masakan, namun jangan terlalu lama memasaknya dan diberikan pada akhir memasak.

“Cukup satu sendok saja tepung maizena yang dilarutkan dalam 3-4 sendok air biasa, ini membuat cita rasa dan tampilan cap cay seperti masakan restoran atau rumah makan,” kata Anjar.

Lihat juga...