Capaian Vaksinasi COVID-19 Bagi Lansia di Kalsel Baru Empat Persen

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan, HM Muslim – Foto Ant

BANJARMASIN – Capaian vaksinasi COVID-19 bagi warga Lanjut Usia (Lansia) di Kalimantan Selatan (Kalsel) saat ini baru sebanyak empat persen. Target vaksinasi untuk lansia di Kalsel sebanyak, 3.300 orang.

“Kita memang terbilang rendah dibanding daerah lain, makanya saat ini terus kita genjot kabupaten dan kota untuk meningkatkan vaksinasi bagi lansia,” Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan (Kalsel), HM Muslim, Sabtu (22/5/2021).

Sebagai langkah percepatan vaksinasi bagi lansia, dinas kesehatan diminta melakukan vaksinasi dengan metode jemput bola, seperti pemberian vaksin dari rumah ke rumah. Hal itu bisa dilaksanakan dengan pendataan yang akurat oleh kelurahan melalui RT atau RW, terkait jumlah warga berusia lanjut atau di atas 60 tahun sebagai sasaran vaksinasi. “Jika data sudah didapat, maka petugas kesehatan tinggal mendatangi warga bersangkutan. Setelah dinilai memenuhi syarat kesehatan untuk divaksin maka diberikan vaksinasi. Namun jika tidak, maka ditunda ataupun dibatalkan,” jelasnya.

Muslim mengungkapkan, dari total sekira 380 ribu dosis vaksin sinovac yang tersedia, baru diangka 77 persen yang telah disuntikkan. Saat ini, masih ada sekira 30 ribuan lebih lagi dosis vaksin yang masih siap diberikan kepada masyarakat dengan beragam target sasaran prioritas. “Rencananya ada datang lagi tambahan vaksin untuk Kalsel, namun langsung ditujukkan bagi sasaran tertentu. Kami masih menunggu perintah dari pemerintah pusat,” pungkasnya. (Ant)

Lihat juga...