CGA Wanajaya, Wisata Alam yang Indah di Tengah Pedesaan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Memiliki lokasi di tengah pedesaan, Camping Ground Area (CGA) Wanajaya, di Cibitung Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjadi alternatif liburan yang aman dan terjangkau. Tidak harus jauh dan mencari pegunungan.

CGA Wanajaya, selain menjadi tempat camping atau kemah juga menyediakan tempat wisata keluarga untuk sekedar melepas kepenatan dari hiruk-pikuk perkotaan. Karena lokasinya tidak jauh dari pusat keramaian dan di atas lahan milik desa.

Saat ini selain menjadi tempat untuk menikmati suasana alam di tengah pedesaan, pengunjung juga bisa bersantai di atas saung. Bahkan saat ini juga telah memiliki area untuk sepeda bagi anak-anak di tengah pohon yang rindang.

“Sekarang CGA Wanajaya sudah dibuka lagi untuk camping, dan tempat bersantai keluarga di tengah rindangan pohon, juga bisa menikmati aliran Kali Cikarang,” ujar Ranggi, pengelola CGA Wanajaya kepada Cendana News, Minggu (30/5/2021).

Camping area sengaja dibuat untuk memfasilitasi pecinta alam yang terjangkau, tidak jauh dari pemukiman penduduk. Di sini juga bisa dimanfaatkan bagi pemula, seperti anak sekolah, dalam melakukan kegiatan positif. CGA juga dapat menjadi tempat edukasi dalam menjaga dan merawat alam.

Bang Ranggi, selama ini sudah banyak kunjungan dari berbagai pihak, seperti dinas Perhutani Jawa Barat. Bahkan banyak komunitas berkunjung untuk melakukan penanaman pohon dan bersama membersihkan areal camping.

“Hari ini, teman dari Komunitas Pecinta Alam (KPA) Ranting juga hadir, untuk membersihkan areal CGA. Kegiatan membersihkan areal menjadi agenda rutin setiap akhir pekan, sehingga siapa yang datang menjadi lebih nyaman,” tukasnya.

Mang Oye, perwakilan dari KPA Ranting menambahkan,  CGA Wanajaya menjadi alternatif tempat berlibur di tengah pandemi seperti sekarang.

Mang Oye, pembina KPA Ranting, memberikan edukasi cara berkemah dan mencintai alam di CGA Wanajaya, Minggu (30/5/2021) – Foto: Muhammad Amin

Bahkan hari ini, di lokasi rekreasi Pesona Wanajaya yang masih satu areal dengan CGA, dipakai untuk latihan motor cross dari berbagai komunitas. Selain menikmati panorama hutan, pengunjung juga bisa berekreasi di Wanajaya yang dikelola oleh desa.

Mereka juga hadir, untuk berswafoto dan menjelajahi CGA Wanajaya yang memiliki lahan satu hektaran tersebut. Bahkan komunitas sepeda terus berdatangan menjadikan CGA rest area  setelah berkeliling ke berbagai lokasi wilayah Cibitung.

Suasana latihan motor cross di lokasi wisata Pesona Wanajaya, yang masih satu areal dengan kompleks CGA, Minggu (30/5/2021) – Foto: Muhammad Amin

“CGA beberapa waktu lalu sempat tutup, akibat imbauan pemerintah. Bahkan karena banjir juga harus melakukan penataan ulang. Tapi sekarang sudah mulai bersih dan siap untuk dijadikan tempat camping lagi,” ujarnya seraya menikmati suasana alam yang masih terdapat banyaknya flora dan fauna.

 

Lihat juga...