Danau Cipeucang Mustikajaya, Destinasi Wisata Baru Kota Bekasi

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Memiliki suasana nyaman, Danau Cipeucang di kawasan perumahan Bekasi Timur Regensi 3, Kelurahan Cimuning, Mustikajaya, menjadi destinasi wisata baru untuk dapat menikmati suasana alam di perbatasan Kota Bekasi, Jawa Barat.

Setiap tempat wisata mempunyai daya tarik tersendiri. Apalagi jika memanfaatkan suasana alam danau yang dilengkapi speed boat sebagai salah satu pemikat yang dimodifikasi warga lingkungan setempat, di tengah minimnya lokasi wisata alam di Kota Patriot.

Danau Cipeucang pun menawarkan suasana rindang dan asri, apalagi latar belakang areal danau yang ada juga masih terlihat alami. Pengunjung bisa berkeliling danau dengan menggunakan speed boat atau perahu motor yang sudah disiapkan pihak pengelola.

Selain itu, pengunjung juga bisa bersantai di saung-saung yang ada sambil menikmati aneka jajanan ringan atau minuman dengan harga yang relatif terjangkau kantong masyarakat.

Lokasinya, bisa masuk melalui arah perumahan Bekasi Timur Regensi, menuju perumahan Bekasi Timur Regensi 3. Sayang memang, belum ada transportasi umum yang bisa menjangkau destinasi wisata baru ini, sehingga masyarakat hanya bisa sampai jika menggunakan kendaraan pribadi.

“Saat ini, kawasan danau yang memiliki luas areal sekitar 1 hektare ini, dikelola swadaya oleh Aliansi BTR 3 yang terdiri dari tiga kelompok, yakni Kelompok Sadar (Pokdar) Wisata, Pokdar Sosial Budaya dan Pokdar Pemberdayaan Sumber Daya Manusia,” jelas Erick Prasetya, pengelola Danau Cipeucang, Minggu (23/5/2021).

Dikatakannya pula, destinasi Danau Cipeucang juga dikelola oleh empat lingkungan RW yang ada di perumahan BTR 3. Sejauh ini baru tersedia wahana wisata air berupa sarana speed boat yang bisa digunakan masyarakat untuk berkeliling menikmati areal danau.

Pengembangan terus dilakukan secara bertahap agar bisa menjadi destinasi yang memikat di Kota Bekasi. Diharapkan masyarakat tidak perlu jauh-jauh untuk mencari tempat wisata alam yang asri dan rindang.

Terpisah, Lurah Cimuning, Muhammad Martam, mengapresiasi dan siap memberikan dukungan upaya pembentukan kawasan wisata yang ada di BTR 3. Diakuinya, selama ini masyarakat di kawasan perumahan BTR 3 memiliki impian untuk membangun kawasan wisata di areal Danau Cipeucang.

Lurah Cimuning, M Martam, saat dijumpai di lokasi sekitar Danau Cipeucang, Minggu (23/5/2021) – Foto: Muhammad Amin

“Saya berpikir bahwa impian ini adalah impian positif, maka saya dukung penuh,” tegasnya.

Martam menyebut, areal Danau Cipeucang merupakan lahan prasarana, sarana, dan utilitas atau PSU yang dulu disebut fasos/fasum. Saat ini, pihak kelurahan juga sedang berusaha mengurus legalitas terkait pemanfaatan lahan Danau Cipeucang ke Pemerintah Kota Bekasi untuk dijadikan objek wisata.

Ia berharap, impian atau cita-cita menjadikan kawasan Danau Cipeucang sebagai destinasi wisata alam bisa segera terwujud. Perlahan terus dilakukan tapi yang terpenting adalah menjaga lingkungan sekitar danau agar tetap asri dan terjaga.

Pihak pengelola Danau Cipeucang BTR 3 juga diminta agar tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) kepada para pengunjung untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Lihat juga...