Daun Salam, Berkhasiat dan Membuat Sedap Makanan

Editor: Koko Triarko

LAMPUNG – Bagi masyarakat pedesaan, menanam pohon salam atau Syzygium polyanthum menjadi hal wajib. Sebab, daun salam memiliki banyak manfaat dan selalu digunakan untuk memasak. Selain membuat sedap masakan, daun salam juga berkhasiat kesehatan.

Jarnah, pemilik warung Daffa di Jalan Lintas Timur, Bakauheni, Lampung Selatan, menyebut tanaman daun salam multimanfaat. Secara umum, daun salam dominan digunakan untuk bumbu penyedap rasa dan penambah aroma masakan. Ia memanfaatkan bagian daun yang kering.

“Daun salam memiliki fungsi untuk beragam varian olahan kuliner. Pengaplikasian daun salam untuk membuat sayur santan, pepes ikan. Penggunaan daun salam pada proses memasak nasi juga diterapkan, untuk memberi aroma khas penggugah selera. Daun salam yang dipanen bisa langsung digunakan untuk bumbu atau dikeringkan,” kata Jarnah saat ditemui Cendana News, Sabtu (1/5/2021).

Ia menjelaskan, penggunaan untuk kuliner pepes ikan prosesnya cukup mudah. Setelah ikan jenis bandeng, ikan kembung sate dibersihkan, bumbu dicampurkan. Bumbu berupa bawang merah, kemangi, kunyit dilumurkan pada ikan lalu diberi tambahan daun salam. Fungsi daun salam akan menambah cita rasa, aroma dan menahan ikan tetap utuh dalam proses pemepesan.

Jarnah, pemilik warung makan di Jalan Lintas Timur Sumatra, menggunakan daun salam untuk penyedap olahan pepes ikan laut dan sejumlah olahan kuliner, Sabtu (1/5/2021). -Foto: Henk Widi

“Pada proses pembuatan pepes ikan yang dibakar, dipanggang, daun salam melindungi bagian daging ikan dan mengeluarkan zat yang menambah kelezatan pada kuliner, sekaligus dipercaya memiliki khasiat kesehatan,” terang Jarnah.

Jarnah bilang, daun salam yang diaplikasikan pada sejumlah masakan memiliki ciri khas. Saat memasak pepes, memasak sayur dengan daun salam, aroma yang dihasilkan bisa mencapai puluhan meter. Di warung yang dikelolanya, ia memilih memakai daun salam segar. Sebab, jarak kebun dengan warung cukup dekat untuk mendapatkan bumbu dapur tersebut.

Lihat juga...