Denyut Jasa Delman Hias yang Berdetak Hingga Malam Hari

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Peluang usaha tetap menjadi sumber pengumpulan pundi pundi uang bagi sebagian warga Bandar Lampung. Suhardi, salah satu warga Teluk Betung menyebut hausnya masyarakat akan hiburan murah meriah jadi peluang baginya dan rekan-rekannya.

Sekitar lima hingga sepuluh rekannya membuka usaha delman hias yang beroperasi sejak sore hingga malam. Suhardi bilang selain delman hias sebagian rekan memilih usaha jasa permainan. Jasa permainan di antaranya rumah balon, pemancingan magnet, mobil mini, mewarnai gambar dan becak hias.

Operasional delman hias memilih waktu sore hingga malam dengan sejumlah pertimbangan. Sebagai delman hias, pemberian lampu beraneka warna semakin menarik saat petang hingga malam.

Faktor lain sebutnya pada sejumlah ruas jalan dalam kondisi lengang tidak seramai saat siang. Rute perjalanan delman hias sebut Suhardi menyusuri sejumlah jalan di Teluk Betung yang tidak dilintasi kendaraan bermotor. Bagi kuda penarik delman, suasana malam sebutnya akan membuat nyaman. Usaha jasa delman hias sebutnya menarik bagi anak anak dengan tambahan musik.

“Musik yang disiapkan dominan merupakan lagu anak anak karena jasa delman hias memang diperuntukkan bagi anak anak yang juga kerap didampingi oleh orangtua menikmati alat transportasi tradisional dengan tenaga kuda,” terang Suhardi saat ditemui Cendana News, Selasa malam (25/5/2021).

Sebagian rekannya sebutnya memanfaatkan jasa delman hias di seputaran gedung olahraga Sumpah Pemuda. Tarif jasa naik delman hias dengan berkeliling pada rute di kota sebutnya berkisar Rp5.000 bagi anak anak, Rp10.000 untuk orang dewasa. Delman hias yang disewakan sebutnya memiliki roda dari ban mobil dan sebagian modifikasi ban karet. Sekitar delapan anak bisa naik ke delmannya.

Beroperasi sejak sore hingga malam, Suhardi mengaku bisa mengantongi uang sekitar Rp350.000. Ia menyebut meski mematok tarif mulai dari Rp5.000. Namun antusiasme anak anak yang akan naik meski hanya memiliki uang Rp2.000 tetap diperkenankan naik. Laki laki yang mengaku juga memiliki anak kecil itu menyebut usaha jasanya tetap memiliki tujuan menyenangkan anak anak.

“Saya juga memperkenalkan sarana transportasi yang masih bertahan meski kini beralih fungsi menjadi wahana hiburan,” ulasnya.

Samsudin, pelaku usaha jasa delman hias menyebut memiliki dua ekor kuda. Kuda yang digunakan sebutnya tetap mendapat porsi istirahat, asupan gizi pada makanan. Meski menjalankan usaha untuk mendapat penghasilan, sebagian hasil jasa delman hias sebutnya jadi hak si kuda. Ia kerap memberikan asupan gizi yang baik dengan rumput yang berkualitas.

“Kuda juga harus rajin dimandikan, disikat, sepatu atau tapal kuda rutin diganti agar tetap sehat,” cetusnya.

Samsudin bilang usaha jasa delman hias bukan tanpa halangan. Ia mengaku harus tetap mematuhi aturan lalu lintas, berjalan di pinggir memberi akses bagi pengguna jalan lain. Aktivitas malam hari juga dilakukan olehnya karena sebagian pengguna jalan tidak seramai saat siang. Perpaduan usaha dengan penyedia mainan anak anak membuat ia memilih operasi malam hari. Lokasi tersebut ada di Taman Dipangga, Jalan WR Supratman.

Usai berkeliling, sebagian orangtua dan anak kerap masih akan bermain di Taman Dipangga. Meski mendapatkan hasil puluhan ribu hingga ratusan ribu permalam, Samsudin menyebut kerap terkendala cuaca. Saat turun hujan jumlah pengguna jasa berkurang bahkan tidak ada sama sekali. Ia memilih lokasi di sekitar tugu pengantin di Jalan Malahayati.

“Anak anak juga memanfaatkan waktu untuk bisa menikmati suasana naik delman kadang harus menunggu giliran,” terangnya.

Budianto, salah satu warga memilih menyediakan jasa permainan anak anak. Bersama sang istri ia berbagi tugas untuk menyediakan permainan mewarnai dan memancing ikan magnet. Permainan lain yang dilakukan pada Taman Dipangga, Jalan WR Supratman sebagai rute lintasan delman hias menjadikan lokasi itu disukai anak anak yang diajak orangtuanya.

Masa new normal saat Covid-19 sebutnya tetap memberi dampak berkurangnya warga bermain. Namun dalam semalam ia masih bisa mendapat hasil puluhan bahkan ratusan ribu. Kerinduan mencari hiburan yang menyenangkan bagi anak dengan permainan sederhana menjadi peluang usaha baginya. Sebagian orang bahkan menyediakan rumah balon, mandi bola untuk anak anak sebagai sumber penghasilan

Lihat juga...