Desa di Lereng Gunung Galunggung Rintis Objek Wisata Baru

Manajer Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Chaeru Taufiq Ismail. –Foto: Jatmika H Kusmargana

TASIKMALAYA – Berada di kawasan lereng gunung Galunggung, Jawa Barat, Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML) Cilampunghilir, Padakembang, Tasikmalaya, memiliki potensi cukup besar di sektor pariwisata. 

Selain memiliki bentang alam pegunungan yang menawan, desa berpenduduk sekitar 2426 KK ini juga menjadi salah satu daerah yang kerap dikunjungi dan dilintasi para wisatawan dari berbagai daerah.

Potensi itulah yang coba dikembangkan Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, selaku pelaksana program sekaligus koperasi binaan Yayasan Damandiri di DCML Cilampunghilir. Salah satunya, dengan merintis sebuah objek wisata baru.

“Desa Cilampunghilir ini memiliki potensi wisata yang cukup besar. Karena berdekatan dengan kawasan wisata Lembang yang sudah terkenal. Sayangnya, potensi ini belum tergarap maksimal,” ujar Manajer Umum Koperasi Amanah Galunggung Mandiri, Yana Chaeru Taufik Ismail, kepada Cendana News, belum lama ini.

Yana mengatakan, untuk memaksimalkan potensi wisata tersebut, pihak koperasi telah memunculkan wacana untuk membangun sejumlah objek wisata baru sejak beberapa tahun terakhir. Salah satunya, berupa track mini motor trail.

“Bekerja sama dengan Dinas Pariwisata setempat, kita sebenarnya punya konsep untuk membangun objek wisata adventure berupa track mini trail. Kita bahkan sudah ada tempat atau lokasinya. Yakni, dengan memanfaatkan tanah kas desa,” ujarnya.

Selain wisata adventure, Koperasi Amanah Galunggung Mandiri juga telah menggagas pendirian agro wisata berupa kampung 1000 domba sejak beberapa tahun lalu. Usulan ini juga telah disambut antusias oleh pihak pemerintah desa, meskipun belum bisa terlaksana hingga saat ini.

“Konsep pengembangan pariwisata ini sebenarnya sudah final. Hanya saja kita masih terkendala soal modal. Karena hingga saat ini kita belum mendapatkan dukungan dari investor. Termasuk dari yayasan. Sehingga wacana ini masih belum bisa terealisasi,” ungkapnya

Yana berharap, ke depan rencana pemberdayaan masyarakat melalui sektor pariwisata yang dipadukan dengan sektor peternakan ini dapat terealisasi. Sehingga mampu mengangkat perekonomian masyarakat desa Cilampunghilir, yang mayoritas masyarakatnya selama ini berprofesi sebagai pedagang di luar daerah.

Lihat juga...