Di Balik Kesuksesan Linkrafin Jember Juara di Ajang Nasional

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Menampilkan karya seni dengan mengkolaborasikan koreografi musikalisasi, tarian, serta nyanyian menjadi satu kesatuan dalam ajang kompetisi, membutuhkan banyak kesiapan yang baik dari banyak segi. Itu pula yang dilakukan komunitas Lingkaran Kreatif Independen (Linkrafin) Jember, sebelum beraksi di ajang lomba tingkat nasional hingga meraih juara.

Dea Ananda Melati, salah satu anggota Linkrafin mengatakan, pertunjukan karya seni yang ditampilkan terbilang tidak mudah. Butuh waktu beberapa bulan agar bisa menguasainya. Di dalamnya juga terdapat beberapa teknik yang harus dikuasai.

“Waktu yang digunakan untuk mempersiapkan diri dalam ajang perlombaan tersebut tidak sebentar. Perlu beberapa bulan agar benar-benar fasih saat aksi di atas panggung,” ujarnya kepada Cendana News di Pendopo Wahyabiwagraha, Jember, Rabu (26/5/2021).

Menurut Dea, keberhasilan bersama timnya bisa menyandang juara satu dan juara umum dikarenakan sinergisitas dan kekompakan dari semua anggota Linkrafin. “Salah satu saja dari kita ada yang tidak kompak, mungkin kita tidak akan berhasil menyandang juara,” ucapnya seraya menegaskan itu semua tak lepas dari kedisiplinan dan konsistensi pada saat berlatih.

Ia menambahkan, dalam ajang kompetisi karya musik anak komunitas ini diikuti oleh daerah-daerah di Indonesia. Tahapan demi tahapan dilalui menuju ke babak final, membutuhkan upaya keras.

Owner Foundation Linkrafin, Yudo Ardiansyah mengatakan, sebanyak 28 orang musisi, 2 orang koreografi dan 4 orang perancang busana ikut terlibat di ajang lomba tingkat nasional tersebut.

“Dalam ajang perlombaan, masing-masing dari peserta diharuskan menciptakan lagu dan tarian seni dari daerahnya masing-masing. Lewat judul lagu Jember Nusantara, di situ kami menggambarkan kekayaan budaya, kami tampilkan tarian khas Jember, komponen musikalisasinya serta nyanyian sinden,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Jember, Hendi Siswanto mengatakan, diusianya yang masih seumuran jagung menjabat sebagai bupati, dirinya mendapat hadiah yang luar biasa dari pencapaian Linkrafin. Ia berharap, kedepannya Linkrafin terus semakin meningkat dan mengharumkan nama daerah Jember dan Indonesia.

“Saya pribadi akan selalu men-support bakat dan kreativitas yang dimiliki. Kita saling mengangkat bersama nama Jember yang lebih baik, dengan segala potensinya,” ungkapnya.

Lihat juga...