Diguyur Hujan Semalaman, Jalan Raya Ciparay-Majalaya Terendam

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

BANDUNG — Hujan deras mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Bandung sejak dua hari terakhir. Akibatnya, beberapa titik tergenang banjir, salah satunya di jalan raya Laswi. Bahkan ketinggian air di jalan yang menghubungkan Ciparay-Majalaya itu mencapai betis orang dewasa.

Dede, warga Ciparay, Kabupaten Bandung saat ditemui di titik banjir di jalan raya Laswi, Rabu (26/5/2021) di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Foto Amar Faizal Haidar

“Hujannya deras dari semalam, baru reda jam 6 pagi tadi. Makannya jalan di sini tergenang. Memang sudah langganan sih jalan ini banjir,” ujar Dede, salah seorang warga setempat Rabu (26/5/2021) di lokasi tersebut.

Menurut Dede, selain faktor hujan, penyebab utama banjir di titik itu adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama untuk tidak membuang sampah ke kali.

“Ini kalau kita lihat memang masalah utamanya sampah yang menumpuk di kali, jadi aliran airnya tersumbat, dan meluap ke jalanan. Drainase juga buruk sih, makanya surutnya lama,” ucap Dede.

Dari pantauan Cendana News, banyak kendaraan roda dua yang memilih putar balik lantaran takut kendaraannya mogok. Hal itu terbukti, pasalnya sejumlah kendaraan yang nekat menerobos pada akhirnya juga mogok.

“Mending jalan lain. Kalau lolos pun bisa jadi kita kena cipratan air. Bisa-bisa malah gagal ke kantor,” cetus Ihsan, salah seorang Pengendara.

Ihsan berharap pemerintah daerah dapat segera mengatasi persoalan genangan air yang kerap terjadi di jalan raya Laswi tersebut. Menurutnya, drainase di titik itu sangat buruk, sehingga air lama surut.

“Jalan ini kalau hujan sebentar saja banjir, apalagi kalau hujannya lama. Makanya kita berharap drainasenya bisa segera diperbaiki oleh pemda. Karena kalau harus memutar jalan jauh,” papar Ihsan.

Lihat juga...