Dinkes Depok Percepat Vaksinasi Lansia

DEPOK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok, Jawa Barat, melakukan jemput bola bagi lansia untuk mempercepat capaian vaksinasi bagi warga lanjut usia tersebut.

“Untuk mempercepat capaian vaksinasi, pihak dinkes melakukan jemput bola bagi lansia di Kecamatan Cipayung,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Kota Depok Umi Zakiyati di Depok, Minggu.

Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut berkolaborasi dengan Kecamatan Cipayung. Selain itu juga bersinergi dengan Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Puskesmas Cipayung.

“Kami bersinergi dengan pihak kecamatan dan puskesmas untuk pelaksanaan vaksinasi massal di kantor Kecamatan Cipayung,” ujarnya.

Umi menuturkan dalam pelaksanaannya tetap menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penumpukan atau kerumunan massa.

Umi berharap dengan upaya yang dilakukan dapat meningkatkan cakupan vaksinasi lansia di Kota Depok. Tentunya sebagai langkah dalam menekan kasus COVID-19.

“Semoga dengan program ini dapat memudahkan lansia mendapatkan vaksinasi. Dengan begitu, upaya pencegahan COVID-19 dapat semakin optimal,” katanya.

Sebelumnya Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI) juga menyediakan fasilitas transportasi berupa bus antar jemput yang dapat dimanfaatkan oleh warga lansia di kota Depok untuk melakukan vaksinasi di Sentra Vaksinasi Indonesia Bangkit, Kampus UI, Depok.

Program antar jemput lansia ini dilakukan dengan Bis Kuning UI dan dibantu juga oleh mitra dari Blue Bird.

Koordinator RSUI untuk Sentra Vaksinasi, Ns. Sukihananto, S.Kep, M.Kep, mengatakan bahwa program ini diadakan untuk mempermudah warga lansia di kota Depok mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Mengingat belum semua warga lansia di kota Depok dilakukan vaksinasi dan keterbatasan kendaraan yang mereka miliki, maka adanya program ini diharapkan dapat mempermudah mereka datang ke RSUI untuk melakukan vaksinasi. Setiap hari kami jadwalkan untuk 2 kecamatan. Setiap kecamatan akan disediakan 2 unit bus yang akan menjemput dan mengantar kembali para lansia,” kata Sukihananto. (Ant)

Lihat juga...