Lebaran CDN

Dua Tahun di Rejang Lebong Terbangun 21 Desa Wisata

Karang Taruna Desa Rimbo Recap, Kecamatan Curup Selatan membuat lokasi berfoto ditengah sawah di daerah itu sebagai salah satu sarana desa wisata – foto Ant

REJANG LEBONG  – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, hingga saat ini telah mendirikan 21 desa wisata, yang tersebar di beberapa kecamatan.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Rejang Lebong, Achmed Chalid mengatakan, pembentukan desa wisata tersebut dilaksanakan sejak 2019. Langkah tersebut untuk membantu pengembangan sektor pariwisata, di Rejang Lebong. “Sampai dengan tahun ini, jumlah desa wisata yang sudah didirikan sebanyak 21 desa, pembentukannya dimulai sejak 2019 lalu,” kata Achmed, Minggu (2/5/2021).

Pembentukan desa wisata bertujuan untuk mengembangkan kualitas lingkungan dan potensi kebudayaan serta wisata yang ada di desa wisata. Kemudian juga untuk menjamin tata kehidupan, seni dan budaya masyarakat desa. Maupun memanfaatkan potensi lingkungan dan memotivasi masyarakat kegiatan kepariwisataan di daerah masing-masing. Pembentukan desa wisata ini, dilakukan berdasarkan SK Bupati Rejang Lebong, sehingga legalitasnya diakui.

Pembentukannya dilakukan secara bertahap, di setiap tahunnya. Adapun 21 desa wisata itu terdiri dari, delapan desa terbentuk pada awal 2019. Yaitu, empat desa dari Kecamatan Bermani Ulu yakni Desa Babakan Baru, Desa Air Bening, Desa Pal Delapan dan Desa Sumberrejo Transad.

Kemudian Desa Pahlawan dan Desa Taba Renah dari Kecamatan Curup Utara. Selanjutnya Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan serta Desa Belitar Seberang Kecamatan Sindang Kelingi. Sedangkan delapan desa lainnya, dibentuk pada pertengahan 2019, terdiri dari Desa Sindang Jati, Kecamatan Sindang Kelingi. Desa Empat Suku Menanti, Kecamatan Sindang Dataran. Desa Tanjung Sanai I, Kecamatan Padang Ulak Tanding.

Selanjutnya Desa Apur, Kecamatan Sindang Beliti Ulu. Desa Balai Butar dan Desa Suka Merindu di Kecamatan Sindang Beliti Ilir. Desa Karang Jaya dan desa Sumber Urip di Kecamatan Selupu Rejang.

“Untuk 2021 ini, desa wisata yang ditetapkan ada lima desa tiga diantara berada di Kecamatan Bermani Ulu yang meliputi Desa Kampung Sajad, Desa Barumanis dan Desa Sentral Baru. Kemudian dua desa lainnya berasal dari Kecamatan Selupu Rejang yaitu Desa Cawang Lama dan Desa Mojorejo,” rincinya.

Penetapan desa wisata diharapkan bisa menjadi sarana edukasi dan rekreasi, sarana pengembangan seni dan budaya. Dan tidak kalah pentingnya, bisa menjadi pengembangan pariwisata berbasis ekonomi kerakyatan di Kabupaten Rejang Lebong. (Ant)

Lihat juga...