Es Buah Campur Istimewa, Sajian Segar Kala Lebaran

Editor: Makmun Hidayat

LAMPUNG — Suasana hari raya Idul Fitri atau lebaran masih terlihat di pedesaan Lampung Selatan. Kondisi cuaca terik yang terasa menjadikan sejumlah warga yang merayakan lebaran siap sedia dengan minuman menyegarkan.

Es buah campur istimewa disediakan Siti Suwarni, warga Desa Gandri, Kecamatan Penengahan bagi tamu yang berkunjung. Ia mengatakan cocok disajikan untuk minuman lebaran.

Kesegaran minuman tersebut dibuat olehnya karena bahan baku yang sebagian bisa diperoleh dari hasil kebun, sebagian dibeli dari pedagang buah. Sejumlah bahan minuman tersebut berupa nanas, semangka, melon, pepaya, selasih dan rumput laut. Tambahan sirup, gula pasir dan es jadi penyegar.

Agar buah menjadi kenyal Siti Suwarni menyebut memakai kapur sirih. Setelah semua buah dikupas, dipotong ukuran kecil rendam dalam air kapur sirih. Tujuannya agar semua buah lebih kenyal setelah itu cuci dengan air bersih berulang, tiriskan. Tahap selanjutnya masak air, gula pasir hingga larut. Semua bahan buah yang telah dipotong masukkan dalam wadah, tuang sirup dan larutan gula pasir.

“Semua bahan es buah campur istimewa bisa disimpan dalam lemari pendingin sebelum disajikan sehingga kesegarannya akan terasa, penyajian bisa diberi tambahan es serut karena akan semakin segar disajikan kala cuaca panas,” terang Siti Suwarni saat ditemui Cendana News, Sabtu (15/5/2021).

Siti Suwarni (kanan) membeli sejumlah bahan pembuatan es buah campur istimewa untuk sajian saat lebaran, Sabtu (15/5/2021). -Foto Henk Widi

Tinggal dekat pesisir Lampung Selatan dengan potensi rumput laut spinosum menjadikan es buah campur lebih bervariasi. Rumput laut yang akan dicampurkan sebanyak tiga gelas selanjutnya direndam air. Perendaman akan menghasilkan rumput laut yang mengembang. Potong ukuran kecil lalu cuci bersih dengan air hangat dan tiriskan. Rumput laut bisa dicampurkan pada es buah campur istimewa saat akan disajikan.

Siti Suwarni menyebut membuat es buah campur istimewa hingga sepuluh liter. Selama lebaran kunjungan anggota keluarga berjumlah puluhan menjadikan es buah jadi sajian yang digemari. Agar tetap terjaga kesegarannya, ia menyimpan es buah campur istimewa dalam termos. Menyimpan minuman itu dalam termos akan menjaga kesegarannya dalam waktu lama.

“Sajian es buah campur istimewa akan dihidangkan memakai mangkuk atau gelas, yang kurang boleh nambah sesuai selera,” bebernya.

Dwianti, salah satu kerabat menyebut lebaran 1442 H/2021 kondisi cuaca cukup panas. Temperatur udara yang mencapai 34 derajat celcius sebutnya membuat suhu udara cukup panas. Sajian es campur istimewa sebutnya cocok untuk melegakan tenggorokan setelah menikmati berbagai sajian kue lebaran. Silaturahmi pada hari ketiga lebaran sebutnya masih dilakukan dengan hidangan istimewa.

Saat berkunjung ke sejumlah kerabat, Dwianti bilang menyantap berbagai makanan. Sejumlah makanan yang mengakibatkan rasa haus seperti kue kering akan terobati saat menyeruput es buah campur istimewa. Perpaduan sirup dan gula yang manis berpadu dengan beragam buah segar dan kenyalnya rumput laut menyegarkan mulut.

Sajian buah yang dicampurkan dalam minuman sebut Dwianti sekaligus memiliki nutrisi yang baik. Berbagai buah segar sebutnya ikut membantu asupan pencernaan seimbang. Sebab saat lebaran berkunjung ke kerabat ia menyantap hidangan gulai, rendang dan opor yang berlemak. Minuman dari buah sebutnya akan jadi asupan yang tepat meluruhkan lemak.

Sajian es buah campur istimewa juga jadi alternatif minuman menyegarkan. Kuwadi, salah satu warga yang merayakan lebaran menyebut minuman dari buah segar lebih menyehatkan. Sebab sajian minuman yang disiapkan kerap didominasi minuman kaleng, bersoda. Takaran yang pas beragam buah dan manis alami akan menjaga tubuh dari dehidrasi saat cuaca panas lebaran.

Lihat juga...