Es Kopyor Cincau ala Rumahan, Melegakan Dahaga Tenggorokan

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

BEKASI – Es kelapa dengan aneka campuran sudah menjadi tren kekinian, dijual di tepi jalan di berbagai sudut Kota Bekasi. Begitu menggoda selera. Memang, kelapa muda cocok dicampur dengan bahan apa pun untuk minuman agar menyegarkan dahaga tenggorokan.

Dalam membuat minuman tersebut, tentu tak perlu keluar rumah, karena bisa dikreasi sendiri. Tinggal membeli bahan baku yang banyak dijual.

Tapi, untuk es berbahan kelapa kopyor, tentu harus mencari di tempat khusus. Jika es kopyor sudah dicampur cincau, terbayangkan kesegarannya.

Sebenarnya campuran lainnya bisa menyesuaikan, seperti susu dan sirup atau pun gula merah yang telah dipanaskan untuk menambah kenikmatan yang menyegarkan.

“Kami biasa dari kampung selalu membawa kelapa kopyor jika ke Bekasi. Kelapa kopyor bisa tahan lama sebelum dikupas. Kalau di pasaran harganya cukup tinggi karena dalam satu pohon jarang ada kelapa kopyor,” ungkap Risma, warga Cikarang, asal Pandeglang kepada Cendana News, Sabtu (29/5/2021).

Risma, warga Cikarang, saat menemui Cendana News bertandang ke rumahnya, mendapat suguhan es kopyor campur cincau, Sabtu (29/5/2021) – Foto: Muhammad Amin

Kopyor adalah kelapa yang tak normal khususnya dari buah kelapanya. Memiliki daging buah lebih lunak dan rasa khas yang lebih manis serta gurih. Jika buah kelapa ini dibelah, maka akan terlihat daging buahnya terlepas dan mengumpul jadi satu di bagian tengah.

Kelapa kopyor memiliki keunikan dari kelapa pada umumnya. Dagingnya melekat di tempurung atau di batok kelapanya.

Oleh karenanya kelapa kopyor sulit didapat karena tidak semua pohon kelapa ada istilah kopyor. Tak heran harganya lebih mahal.

Risma mengaku, saat mudik lalu, membawa kembali ke Cikarang beberapa buah kelapa kopyor yang dipesan dari beberapa warga di kampungnya. Saat di Cikarang dijadikan kreasi bersama keluarga atau tamu yang datang di hari libur, seperti hari Ini.

“Cikarang suasananya panas, cocok menikmati es kelapa kopyor. Kemarin saat Ramadan kelapa kopyor menjadi takjil istimewa saat berbuka puasa. Karena bisa dicampur dengan aneka buah sebagai menu pembuka,” jelas Risma.

Jika dikreasi dengan menu olahan es cincau, maka kelapa kopyor tersebut sangat menyegarkan,  bisa mengganjal perut saat lapar.

Apalagi jika cincau, kelapa kopyor dijadikan satu disiram dengan air gula aren yang dibawa dari Pandeglang, semakin sedap. Ditambah susu kental manis dan sirup menjadi semakin istimewa.

“Rasa gurih dari kopyor lebih mendominasi. Cincau sebagai pendingin,” pungkas dia.

Lihat juga...