Lebaran CDN

Folder Koja Jatiasih Bekasi Jadi Lokasi Ngabuburit

Editor: Koko Triarko

BEKASI – Folder Koja, Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, dengan danau luas diapit dua aliran kali di perbatasan dengan Bogor, menjadi alternatif lokasi ngabuburit sambil menunggu waktu berbuka puasa di bulan suci Ramadan.  

Memiliki lahan luas dan tempat masih asri, menjadi pilihan banyak orang untuk bersantai sambil memancing. Danau buatan yang luas di Folder Koja terdapat aneka ikan yang dilepas mengisi kolam.

Warga sekitar, Otoy (34), mengaku lokasi Folder Koja cocok untuk tempat ngabuburit dengan suasana asri diapit dua kali. Sehingga bisa memilih loksai tempat mancing yang cocok.

“Ada dua aliran air, pertama Kali Cikeas, satu lagi kali tembusan yang mengarahkan ke Kali Bekasi, keduanya adalah menjadi pintu air. Jadi, kalau mancing tinggal pilih di mana, mau di kali alam atau Folder Koja, menyerupai danau,” tandasnya.

Untuk ikan, lanjutnya, di danau banyak ikan Nila dan ikan emas yang dilepas. Sambil bercengkerama mancing di sini untuk mengenalkan alam sambil menikmati suasana alam, di tengah gemiricik aliran dua sungai mengitari Folder Koja.

Menurutnya, lokasi Folder Koja dari pagi sampai malam selalu ada dikunjungi. Kian malam yang mancing makin banyak. Siang banyak orang mampir untuk berteduh di balai yang disediakan di bawah pohon rindang sekitar Folder Koja.

“Folder Koja menjadi alternatif tempat bersantai untuk menghindari kebisingan jalan raya. Di sini tidak bisa dilintasi kendaraan roda empat, hanya roda dua itu pun sangat jarang. Jadi, bisa dikatakan tempatnya masih sepi, tapi memang belum dikelola masih alami,” tukasnya.

Bang Anto, penjaga Folder Koja, sebelumnya membuka warung di sekitar lokasi, mengaku kewalahan menjaga folder terutama dari sampah plastik yang dibuang begitu saja di areal folder.

“Kalau saya lihat langsung pengunjung yang santai membawa aneka minuman dan makanan, sampahnya digeletakin begitu saja, terkadang saya tegur agar diletakkan pada tempatnya,”ujar dia.

Sampai sekarang, Folder Koja belum ada informasi untuk dikembangkan menjadi salah satu daya tarik wisata alam di Jatiasih, khususnya di kawasan perbatasan dengan Bogor.

“Sebenarnya, Folder Koja potensi dikelola jadi wisata alam. Tapi, harus dimodali lebih dulu untuk dirapikan. Kalau ada yang peduli, tentunya akan didukung,” tegas Antok.

Lihat juga...