Hama Franky Musuh Utama Pembudidaya Ulat Hongkong

Redaktur: Muhsin Efri Yanto

YOGYAKARTA — Hama Franky diketahui masih menjadi masalah utama dalam proses budidaya ulat hongkong hingga saat ini. Hama berupa kumbang berbentuk kecil ini kerap menyerang proses peneluran dan penetasan hingga membuat produktivitas menurun.

Salah seorang pembudidaya ulat hongkong, Agus Dwinanto (26) warga dusun Nglotak, Kaliagung, Sentolo, Kulonprogo menjelaskan, hama Franky merupakan hama berupa sejenis kepik kecil yang biasanya ditemui di kandang ayam, baik itu ayam petelur ataupun pedaging.

Hama ini biasanya datang dan masuk ke media budidaya ulat hongkong saat proses peneluran maupun penetasan. Pertumbuhannya yang sangat cepat biasanya akan mengalahkan pertumbuhan atau populasi ulat hongkong hingga menurunkan produktivitasnya.

“Kumbang Franky ini menyukai tempat yang lembab. Sehingga biasanya akan ikut masuk ke kotak kandang tempat media peneluran ulat hongkong. Disitu mereka akan ikut bertelur dan berkembang biak, sehingga saat panen, yang dipanen bukan ulat hongkong, namun justru ulat dari kumbang Franky ini,” ujarnya kepada Cendananews belum lama ini.

Lihat juga...