Hama Wereng Sebabkan Sawah di Panarukan Gagal Panen

Redaktur: Satmoko Budi Santoso

SITUBONDO – Petani di Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, mengalami gagal panen akibat serangan hama wereng.

Karto, salah satu petani, mengatakan, serangan hama yang terjadi di sawah miliknya saat biji padi masih baru tumbuh. Dampaknya sampai semua tanaman padi mengalami daun kering dan biji kopong.

“Baru beberapa bulan biji padi yang tumbuh langsung terpapar hama wereng. Semua tanaman padi yang ada di sekitar yang terpapar kurang lebih luasnya 2 hektare,” ujar Karto kepada Cendana News, di wilayah Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Senin (17/5/2021).

Serangan hama wereng yang terjadi bukan hanya baru sekali. Karto menyebut, sudah sering kali terjadi serangan hama wereng, namun dampaknya tidak sebanyak saat ini.

“Paling kalau kemarin-kemarin yang terpapar wereng sekitar 1 petak tanah sawah, dan masih bisa ada hasilnya. Sedangkan saat ini, dari satu lahan sawah ke sawah lainnya terus ada dan merambat. Apalagi pada masa usia padi masih baru tumbuh bij,” ungkapnya.

Karto mengatakan, semua petani terdampak serangan wereng, yang terpapar saat usia padi sudah hampir mau panen.

“Setidaknya kalau pas hampir mau panen ada hasil, walaupun tidak begitu banyak. Rugi pasti, namun masih bisa menikmati hasil panen,” ucapnya.

Kondisi gagal panen padi, membuat Karto memutuskan segera memotong tanaman padi dibantu beberapa warga lain.

Salah satu warga sekitar, Bakri mengatakan, semula yang ia ketahui, tanaman padi yang rusak dari satu petak lahan dulu. Menurutnya, saat itu tanaman padinya masih berwarna hijau.

Bakri saat ditemui Cendana News di wilayah Desa Wringin Anom, Kecamatan Panarukan, Situbondo, Jawa Timur, Senin (17/5/2021). – Foto: Iwan Feri Yanto

“Awal mulanya yang terpapar lahan persawahan bagian selatan. Satu petak tanah kemudian merambat ke lahan sebelah, dan terus merambat seluas tanaman padi,” tegasnya.

Bakri menambahkan, untungnya, di sebelah lahan ditanami jagung, sehingga tidak berdampak pada lahan sawah berikutnya. Tanaman jagungnya pun masih baik-baik saja.

Lihat juga...