Indonesia Suplai 80 Persen Bahan Baku Produsen Minuman Kelapa Terbesar di China

HAIKOU – Sekira 80 persen, bahan baku minuman dari kelapa di salah satu perusahaan minuman terbesar di China, didapat dari Indonesia.

“Bahan baku kelapa kami dapatkan dari Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi,” kata GM Coconut Palm Group, Zhao Bo, di Haikou, Hainan, China, Senin (24/5/2021).

Perusahaan yang beroperasi di Ibu Kota Provinsi Hainan itu, mampu menghasilkan 70.000 ton minuman berupa air kelapa, jus kelapa, dan air mineral. Nilai produksinya sekira 4,2 miliar yuan. “Setiap hari kami membutuhkan 700 ribu butir kelapa,” ujar Zhao.

Dari produksi yang dilakukan, sekira lima persen untuk pasar ekspor. Perusahaan yang mempekerjakan 6.000 orang karyawan itu, menyetor pajak kepada negara rata-rata 600 juta yuan per-tahun. Sehingga menempatkannya sebagai perusahaan pembayar pajak terbesar ketiga di Haikou. Zhao menyampaikan keinginannya untuk melakukan investasi di Indonesia. Namun, sejauh ini dia mengaku belum mendapatkan mitra lokalnya di Indonesia.

Wakil Duta Besar RI untuk China, Dino Rachmadiana Kusnadi, menyambut baik keinginan pihak manajemen Coconut Palm Group. “Kami siap membantu dan memfasilitasi keinginan perusahaan itu untuk berinvestasi di Indonesia,” katanya setelah mengunjungi lokasi produksi Coconut Palm Group di Haikou tersebut.  (Ant)

Lihat juga...