Joel Embiid Tampil Dominan di Laga NBA

JAKARTA – Joel Embiid mencetak 36 poin sebelum menepi pada kuarter keempat saat tim tamu Philadelphia 76ers meraih kemenangan 132-103 atas Washington Wizards, Sabtu (Minggu WIB) dalam gim 3 seri playoff putaran pertama NBA Wilayah Timur.

Total poin yang dihasilkan Embiid menjadi yang tertinggi dalam kariernya dalam playoff. Hasil terbaiknya sebelumnya adalah penampilan 34 poin dalam kekalahan Philadelphia 101-128 dari Boston dalam gim 2 seri putaran pertama pada 19 Agustus 2020.

Seperti disiarkan, Embiid menghasilkan 14 dari 18 tembakan dari lapangan pada Sabtu. Ia menambahkan delapan rebound dan tiga steal.

Tobias Harris mengumpulkan 20 poin dan 13 rebound bagi 76ers, yang menembak 58,6 persen dari lapangan dan 51,5 persen dari jarak tiga poin untuk meraih keunggulan 3-0 dalam seri best-of-seven tersebut. Unggulan teratas Philadelphia dapat menyudahi unggulan delapan Washington dalam gim 4, Senin malam waktu setempat.

Danny Green memasukkan lima lemparan tripoin yang menjadi pokok dari penampilan 15 poinnya dan Seth Curry menghasilkan tiga dari luar garis busur untuk finis dengan 15 poin. Ben Simmons menambah 14 poin dan sembilan assist.

Pemain Washington Russell Westbrook mencatat 26 poin, 12 rebound dan 10 assist kendati terganggu oleh cedera pergelangan kaki yang dideritanya pada gim 2. Bradley Beal menambah 25 poin dalam kekalahan tersebut.

Curry, Green, Harris dan Embiid masing-masing mencetak tripoin sebagai bagian dari keberhasilan awal 17-2 bagi Philadelphia. Lonjakan semangat itu memberi 76ers keunggulan 29-13 sebelum Washington mampu memangkas defisit hingga separuhnya pada akhir kuarter pertama.

Tanpa gentar, Green memasukkan tembakan tiga angka pada penguasaan bola berturut-turut untuk mendorong keunggulan Philadelphia menjadi 62-50 dengan waktu tersisa 4 menit 16 detik pada kuarter kedua. Washington perlahan-lahan memotong sebelum Embiid memberikan momen penting pada paruh tersebut dengan menggunakan ball-fake sebelum melakukan dunk satu tangan untuk mengatur permainan tiga poin.

Westbrook memasukkan sepasang lemparan tiga angka untuk memberi Washington momentum untuk memulai kuarter ketiga sebelum 76ers melanjutkan menguasai permainan. Harris melakukan sepasang floating jumper dan Curry terhubung dari jarak tiga poin yang menjadi poin penting dalam lonjakan cepat 7-0 yang memberi Philadelphia keunggulan 87-69.

Hasilnya tidak pernah diragukan lagi setelah itu. (Ant)

Lihat juga...