KAI Daop 9 Jember Terapkan Kriteria Ketat Penumpang Non-Mudik

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Selama penetapan larangan mudik, PT KAI Daop 9 Jember melayani penumpang dengan kriteria pengecualian. Jumlah penumpang pun mengalami penurunan yang cukup drastis.

Vice President KAI Daop 9 Jember, Broer Rizal mengatakan, operasional kriteria dalam jalur jarak jauh yang diberangkatkan bukan atas kepentingan mudik, tetapi yang masuk dalam kategori pengecualian.

“Kriteria pengecualian yang dapat melakukan perjalanan menggunakan kereta api yakni atas perjalanan kepentingan dinas, mengunjungi keluarga yang meninggal, perjalanan ibu hamil dan kepentingan non mudik lainnya,” ujar Broer Rizal kepada Cendana News, di bilangan Jalan Wijaya Kusuma, Kelurahan Jember Lor, Kecamatan Patrang, Jember, Rabu (19/5/2021).

Selama periode tanggal 6 sampai 17 Mei 2021, masyarakat yang dapat di berangkatkan menggunakan kereta api jarak jauh mengacu pada kriteria masyarakat yang tergolong dalam pengecualian non titik-titik jumlah penumpang yang ada rata-rata setiap harinya 400 orang.

“Jumlah keberangkatan penumpang yang saat ini mengalami penurunan drastis. Dimana masa sebelum pengetatan larangan pra mudik, setiap harinya rata-rata berjumlah 1.200 pelanggan, namun saat ini jumlahnya hanya kisaran 400 pelanggan,” ucapnya.

Meskipun Kereta Api Daop 9 Jember tetap melayani pelanggan dengan kriteria pengecualian. Rizal menyebutkan setiap penumpang diwajibkan untuk memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan pada saat akan melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

“Kepada seluruh penumpang, sebelum berangkat tentu kami melakukan verifikasi terlebih dahulu,  seperti berkas persyaratan yang wajib untuk dipenuhi. Apabila ada salah satu penumpang yang tidak memenuhi kriteria tersebut, maka penumpang yang bersangkutan kami tolak walaupun tergolong sebagai penumpang yang dikecualikan,” tegasnya.

Rizal menambahkan selama periode 7 sampai 16 Mei 2021 pihaknya telah menolak penumpang kereta api yang tidak melengkapi berkas sebagai syarat yang ditetapkan kepada calon penumpang. Sejumlah 321 calon penumpang yang telah ditolak karena tidak memenuhi kriteria yang berlaku.

Pelakhar Manager Humas KAI Daop 9 Jember, Raditya Mardika Putra mengatakan, selama masa periode 6 sampai 17 Mei 2021, operasional kereta api yang diberangkatkan dengan urutan KA Probowangi dan KA Sritanjung.

“Bagi penumpang lajur kereta jarak jauh saat ini didominasi oleh mereka yang atas kepentingan perjalanan dinas. Namun tetap menunjukkan syarat berkas yang wajib dipenuhi,” ucapnya.

Sebagaimana ketetapan yang berlaku, lanjutnya, syarat bagi calon penumpang wajib melampirkan berkas yang tertandatangani oleh pihak yang berwenang dengan menggunakan tandatangan basah, serta stempel basah.

Lihat juga...