Karya Seni Anak Jember Juara di Kancah Nasional

Editor: Makmun Hidayat

JEMBER — Seniman asal Jember kembali mengharumkan nama daerah dalam kancah musik nasional. Pasalnya para seniman tersebut mampu menuai prestasi juara satu dalam ajang lomba Karya Musik Anak Komunitas yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Salah satu artis musik ternama yang dipercayai menjadi juri kehormatan, Melly Guslow mengatakan, penampilan yang dibawakan oleh Linkarafin (Lingkaran Kreatif Independen) asal Jember, sangat menarik tanpa ada kesalahan sedikit pun.

“Penampilan karya seni yang dikombinasi dengan aransemen lagu, serta tarian dan nyanyian sejatinya sulit untuk dilakukan. Hanya saja bagi mereka yang sudah profesional mampu untuk melakukannya,” ujar Melly Guslow di salah satu kanal YouTube Kemenparekraf yang disiarkan secara langsung, Selasa (25/5/2021).

Melly Guslow menambahkan, potensi karya anak bangsa patut untuk di apresiasi. Karena hal tersebut merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia.

“Apabila Kemenparekraf tidak mengambil langkah bagaimana memperkenalkan potensi ini, maka saya sendiri yang akan membawa mereka dan diperkenalkan kepada dunia,” ungkapnya.

Dewan juri lainnya, Astrid Lea mengatakan, dirinya kagum atas penampilan dari Linkarafin. Penampilan yang ditunjukkan sempurna tanpa adanya kecacatan sedikit pun.

“Yang paling saya sukai dari pertunjukan oleh Linkarafin, dimana aksi tari yang dilakukan sangat menarik. Nyaris tidak ada sedikit pun kesalahan yang dilakukan,” ucapnya.

Sementara itu, Helmi Yahya menyampaikan, setelah melihat aksi pertunjukan dari Linkarafin menampilkan tarian dan nyanyian lagu, Indonesia harus berterima kasih kepada Jember yang telah membawakan karya seni spektakuler.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga uno mengatakan, di tengah keterbatasan aktivitas masyarakat akibat pandemi Covid19. Anak-anak muda ternyata mampu memunculkan kreativitasnya. Sebelum ajang festival diselenggarakan, dirinya mengaku bagaimana cara menghasilkan kreativitas anak bangsa. Namun hal itu mampu terjawab saat beberapa penampilan karya seni yang terjadi kali ini.

“Karya seni seperti ini harus mampu untuk dikembangkan lagi lebih luas, karena hal itu bukan hanya menjadi kekayaan daerah Kabupaten Jember saja, termasuk potensi besar yang dimiliki oleh Indonesia,” ucapnya.

Lihat juga...