Kejati NTT Limpahkan Berkas Terdakwa Korupsi Dana Desa di TTS

Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Abdul Hakim – foto Ant

KUPANG – Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur (Kejati NTT), melimpahkan berkas perkara dan empat terdakwa, kasus dugaan korupsi dana desa di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kupang.

Dengan demikian, dugaan korupsi yang merugikan negara sebesar Rp722 juta tersebut, akan segera menjalani persidangan. “Jaksa Penuntut Umum sudah melimpahkan berkas dan empat terdakwa ke Pengadilan Tipikor Kupang, Kamis (27/5/2021) untuk mulai menjalani persidangan,” kata Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Humas Kejaksaan Tinggi Nusa Tenggara Timur, Abdul Hakim, di Kupang, Kamis (27/5/2021).

Empat terdakwa yang diduga terlibat dalam kasus korupsi dana desa tersebut adalah, Kepala Desa Taebone, Andreas Atiupbesi, Bendahara Desa, Aplonia Nabuasa, Sekretaris Desa, Yusuf Manu serta pelaksana kegiatan Yoseph Siga. Keempat terdakwa, diduga melakukan pekerjaan fiktif, penggunaan dana BUMDes tanpa pertangungjawaban.

Dalam kasus tersebut, setiap pekerjaan fisik yang dilakukan pihak ketiga tidak diselesaikan hingga tuntas, namun tetap dibayarkan 100 persen. Hal yang mengakibat kerugian keuangan desa atau negara sebesar Rp722 juta lebih. (Ant)

Lihat juga...