Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan Brebes Tarik Minat Warga

Editor: Makmun Hidayat

BREBES — Pengurus Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Wanasari, Brebes, Jawa Tengah menerapkan sejumlah strategi guna mengajak sekaligus menarik minat masyarakat agar mau mengembangkan dan memajukan koperasi termasuk sejumlah unit usaha yang dimiliki. Salah satunya adalah dengan membangun kedekatan serta rasa memiliki setiap warganya terhadap koperasi.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, mencontohkan hal itu dilakukan seperti saat koperasi membuka unit usaha baru Warung Kita. Untuk mendorong warga desa berbelanja di unit usaha ini, pihak pengelola kerap membuat sejumlah promosi.

“Kita sering membuat promosi misalnya dengan membagikan baju dan sarung kepada para petani yang membeli berbagai kebutuhan pertanian di unit usaha koperasi Warung Kita,” ujarnya.

Manajer Umum Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan, Slamet Abdurokhman, Rabu (26/5/2021). -Foto: Jatmika H. Kusmargana/HO

Tak hanya itu, pengurus koperasi juga rutin menggelar acara berupa sarapan gratis bagi warga di komplek Kantor Koperasi sekaligus unit usaha Warung Kita. Hal ini dilakukan semata-mata agar warga, memiliki kedekatan sekaligus kepercayaan terhadap koperasi.

“Setiap seminggu sekali kita rutin bikin acara sarapan gratis. Sebenarnya hampir setiap hari, hanya saja digilir untuk setiap RW. Dananya ya swadaya, dari para donatur masyarakat, termasuk para pengurus koperasi sendiri,” ungkapnya.

Berkat sejumlah upaya tersebut, unit usaha Warung Kita Koperasi Berkah Damandiri Pesantunan terbukti mampu berkembang pesat. Meski belum lama berdiri, unit usaha ini bahkan mampu menjadi salah satu toko pertanian terbesar di Desa Pesantunan.

Omzet penjualan alat maupun berbagai kebutuhan pertanian di warung ini tercatat terus-menerus meningkat. Mulai dari semula Rp5 juta per bulan, Rp10 juta per bulan, hingga saat ini mencapai Rp40 juta per bulan.

“Kita berharap unit usaha koperasi termasuk Warung Kita ini bisa terus dipercaya masyarakat. Sehingga bisa semakin maju dan berkembang pesat. Dengan begitu keuntungan koperasi juga akan meningkat, yang pada akhirnya SHU koperasi bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat desa,” katanya.

Sebagaimana diketahui, Yayasan Damandiri menetapkan Desa Pesantunan Wanasari Brebes Jawa Tengah sebagai desa binaan sejak tahun 2018 silam. Melalui program Desa Cerdas Mandiri Lestari (DCML), Yayasan Damandiri melakukan berbagai upaya pemberdayaan khususnya di sektor pendidikan kesehatan lingkungan maupun ekonomi.

Selain menggelontorkan dana bantuan hibah sosial mencapai miliaran rupiah, Yayasan Damandiri juga membentuk Koperasi Berkah Damandiri sebagai pelaksana program sekaligus induk setiap kegiatan yang ada. Tak hanya itu, Yayasan Damandiri juga mendirikan sejumlah unit usaha koperasi, mulai dari simpan pinjam Modal Kita, toko pertanian Warung Kita maupun denplot pertanian Tani Kita.

Melalui sejumlah unit usaha koperasi inilah, diharapkan perekonomian warga desa yang selama ini lebih banyak bergelut di sektor pertanian bisa semakin maju dan berkembang. Sehingga pada akhirnya akan mampu mengatasi persoalan kemiskinan serta meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup seluruh warga desa.

Lihat juga...